Berita

MAN 16 Jakarta Jadi Tuan Rumah KSM Tingkat Kota Jakarta Barat Tahun 2019

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) – Madrasah Aliyah Negeri 16 Jakarta menjadi tuan rumah dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota. Ajang ini diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat dan diikuti oleh peserta didik yang berasal dari Madrsah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan  Madrasah Aliyah serta beberapa sekolah umum sederajat, Sabtu (20/07).

“KSM Tingkat Kota Jakarta Barat diikuti sebanyak 392 peserta didik, yang terdiri dari 74 peserta didik MI, 124 peserta didik MTs dan 184 peserta didik MA,” Ujar Usman Ali selaku Ketua Penyelenggara KSM dalam laporannya pada saat apel pembukaan kegiatan tersebut.

Kegiatan ini juga diikuti oleh peserta didik yang berasal dari SMA, “Perwakilan peserta didik dari SMA 78 mengikuti semua bidang kompetisi. Para peserta KSM dibagi dalam 20 ruangan berdasarkan level dan bidang yang dikompetisikan,” Lanjutnya.

Kepala KanKemenag Kota Jakarta Barat, Sofi’i mengatakan bahwa perlu adanya pengawalan bagi peserta didik berbasis Keilmuan Islam yang baik, penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi agar peserta didik mampu menjawab terkait perkembangan zaman dalam menghadapi perubahan peradaban di masa yang akan datang.

“Sesuai dengan tema kegiatan ini, yaitu ‘Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat dan Bermartabat’, diharapkan mampu memupuk motivasi peserta didik untuk terus mencintai dan bersemangat mempelajari integrasi ilmu-ilmu agama dan ilmu sains,” Ujar Sofi’I saat memberikan sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Kepala KanKemenag Kota Jakarta Barat menyematan kartu tanda peserta dan melepaskan balon sebagai bentuk simbolis bahwa kegiatan KSM Tingkat Kota ini telah dibuka.

Terkait