Berita

Makna Sakinah, Mawaddah, Warahmah Dalam Kegiatan Bimbingan Perkawinan

Jumat, 17 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

Jakarta (Inmas Jakpus) – Kantor Urusan Agama Kecamatan Senen melaksanakan kegiatan bimbingan perkawinan, yang diikuti 27 pasang calon pengantin. Selasa (14/11).

 

Kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok pria dan kelompok wanita. Dari kelompok pria menyimpulkan, karakter suami yang bertanggungjawab ialah mampu menjaga istri dan anak anaknya dari api neraka dengan memberikan suri tauladan kebaikan.

 

“Kesimpulan ini sesuai dengan Firman Allah dalam Qs At Tahrim ayat 6 ; hai orang – orang yang beriman, jagalah diri dan keluargamu dari api neraka”, ujar salah satu peserta pria.

 

Sementara kelompok wanita menegaskan istri yang solihah adalah istri yang membuat hati suami selalu senang kala dipandang, mentaati jika diperintah kebaikan oleh suami dan bisa menjaga diri dan harta suaminya.

 

Sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, yakni Rasulullah ditanya, siapakah wanita yang paling baik? Beliau menjawab: “jika dipandang (suami) ia menyenangkan, jika diperintah ia taat dan ia tidak menyelisihi dalam perkara yang dibenci suami, baik diri maupun hartanya,” ujar salah satu peserta wanita.

 

Selain pembekalan tentang suami yang bertanggung jawab dan istri yang solihah, juga dijelaskan makna sakinah mawaddah warohmah, berdasarkan Qs Ar Rum ayat 21.

 

“Sakinah dimaknai tentram sedangkan mawaddah bermakna kasih yang ditandai adanya rasa cinta yang diwujudkan mau saling memberi. Sementara warohmah bermakna sayang yang berwujud mau saling menerima kekurangan masing-masing”, ujar Kepala KUA Senen Anis Fuad dalam penutupan kegiatan. /j15/fh.

 

  • Tags:  

Terkait