Berita

LDKS MAN 3, Kabid Penmad : Pemimpin Sejati Adalah Seseorang Yang Dapat Memotivasi

Rabu, 25 Oktober 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Sentul (Inmas Jakpus) – Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Karsa Sukarsa memberikan materi tentang Kepemimpinan kepada peserta Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) MAN 3, Jum’at (13/10). Kegiatan bertema ‘Harmoni Karya Muda Meraih Cita-cita Menyiapkan Pemimpin Masa Depan Gemilang’ ini bertempat di Villa Rosomulyo, Desa Babakan Madang, Sentul Selatan.


“Pemimpin sejati adalah seseorang yang dapat memotivasi orang-orang disekelilingnya,” jelas Kabid Penmad dalam paparannya.

 

Hal ini menurut Aca, begitu ia biasa disapa, sejalan dengan filosofi kepemimpinan Ki Hadjar Dewantoro, yaitu ‘ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani’. Artinya ‘kala di depan memberi contoh, di tengah memberi motivasi dan di belakang memberi dorongan’.  


Kegiatan yang diikuti pengurus OSIS MAN 3 dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler ini, berlangsung selama 3 hari hingga hari Minggu, 15 Oktober 2017. LDKS MAN 3 ini sekaligus menjadi wahana pelantikan Pengurus OSIS Tahun Ajaran 2017-2018.


Tak ketinggalan, pengukuhan Dewan Ambalan MAN 3 Gugus Depan 07-133 dan 07-134 Tahun Ajaran 2017-2018 dan penerimaan Tamu Ambalan pun dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan LDKS tersebut.   


Menurut Ketua Panitia, Ghalib Maksun, LDKS MAN 3 ini juga merupakan ajang menyiapkan calon pemimpin yang cakap dalam manajemen organisasi dan pengambilan keputusan. “Aktualisasi kepemimpinan diukur dari cara seseorang mengambil keputusan di waktu sulit atau darurat,” jelasnya.


Oleh sebab itu, kegiatan yang merupakan program rutin ini diisi dengan materi aplikatif praktis. Adapun materi yang diberikan antara lain adalah materi tentang kepemimpinan, manajemen organisasi dan pengenalan kultur OSIS MAN 3. (j15/sm/ilm)

 

 

  • Tags:  

Terkait