Berita

Laksanakan Akreditasi, MAN 12 Jakarta Tetap Optimis

Rabu, 18 September 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 12 Jakarta) --- Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta mengadakan kegiatan Akreditasi bersama assessor Busra Amri dan Tarsisius Wartono. Sebelumnya, pada tahun 2014, MAN 12 Jakarta terakreditasi dengan nilai A. Akreditasi ini resmi dikeluarkan oleh BAN-PT dan akreditasi ini selalu diperbaharui setiap lima tahun sekali oleh perguaran tinggi atau sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.

Menurut Kepala Madrasah MAN 12 bahwa terdapat delapan standar pelaksanaan akreditasi sekolah, diantaranya; Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian.

"Madrasah yang telah ditetapkan kelayakannya untuk divisitasi, harus divisitasi oleh asesor yang ditugaskan oleh BAP-S/M," ujar Rojali.

Dalam kegiatan ini, Asesor melakukan observasi dan mendokumentasikan kondisi sarana dan prasarana serta lingkungan Madrasah. Selanjutnya Madrasah menunjukkan dokumen, data, dan informasi pendukung terkait pemenuhan 8 SNP.

"Dan Masing-masing asesor juga wajib melakukan observasi kelas yang berbeda minimal 2 (dua) jam pelajaran," jelasnya.

Rojali menambahkan, Dalam observasi kelas, asesor akan mengamati kegiatan pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup.

"Kesesuaian model pembelajaran, metode, dan media juga merupakan poin penilaian," jelasnya. //Humas MAN 12 Jakarta

Terkait