Berita

Kunjungi Lapas Nusakambangan, KaKanwi Bawa Misi Kerukunan Umat Beragama

Sabtu, 16 November 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Cilacap (Inmas) - Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab melakukan Dialog Kerukunan Umat Beragama bersama Kepala Lapas Kelas IIA Kembang Kuning Nusakambangan, Edy Saryanto dan Penyuluh Agama Islam Aid Mustakim.

Dialog kerukunan umat beragama ini diselenggarakan di Lapas IIA Kembang Kuning Nusakambangan, Cilacap, Jumat (15/11). 

Kunjungan ini membawa misi merajut kerukunan dan kebersamaan umat menuju Indonesia maju. Serta meningkatkan kualitas implementasi nilai-nilai kerukunan umat beragama.

"Para narapidana diberikan bekal ilmu keagamaan, ilmu kebangsaan dan ilmu keterampilan. Sehingga pada saat mereka selesai menjalankan hukumannya, mereka dapat diterima dan memberikan energi positif di tengah masyarakat," ujar Edy.

Hal senada disampaikan Saiful Mujab, "Pembekalan ilmu keagamaan, kebangsaan dan keterampilan sangat penting untuk para narapidana. Agar kelak mereka menjadi pribadi yang paham keagamaan, kebangsaan  dan memiliki keterampilan sehingga berguna di tengah masyarakat," kata KaKanwil. 

Saat tim Inmas wawancarai, Taufik selaku Kepala Sub Bagian Hukum dan Kerukunan Umat Beragama juga mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas implementasi nilai-nilai kerukunan umat beragama dan kunjungan ini juga bertujuan untuk mengetahui pola pembinaan pengamalan agama Warga Binaan Pasyarakatan (WBP) Nusakambangan.

"Kunjungan kerja ini juga untuk memperluas wawasan terkait menjaga kerukunan umat beragama yang ada di Indonesia," ujar Taufik.

Setelah berdialog, KaKanwil beserta tim kunjungan kerja didampingi Edy Saryanto berkeliling Lapas IIA Kembang Kuning untuk melihat aktivitas para narapidana, salah satunya melihat kegiatan kerajinan pembuatan keset.  

Tim kunjungan kerja ini terdiri dari Ketua FKUB Prov. DKI Jakarta, Kabag TU, Para Kabid, Para Pembimas, Para Kasubbag pada Kanwil Kemenag DKI, 

Para KanKemenag Kota/Kab dan Para Kasubbag TU KanKemenag Kota/Kab pada Kanwil Kemenag DKI, serta Ketua Dharmawanita Persatuan Kanwil Kemenag DKI.

Terkait