Berita

KSM Dimulai, KaKanwil : KSM Tingkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Secara Komprehensif dan Integratif

Jumat, 7 Juli 2023
blog

Jakarta (Humas) – Simulasi Ujian Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten/Kota 2023 sudah dimulai. Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar mengatakan Madrasah sangat kompetitif, kini lebih unggul dan jadi pilihan masyarakat.

Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pendaftar KSM Tahun 2023 sebanyak 149.664. Pada KSM Tahun 2022, terdapat 135.129 peserta mendaftar, sedangkan pada KSM Tahun 2021, terdapat 76.617 peserta yang mendaftar.

KaKanwil menambahkan KSM ini bertujuan untuk menyiapkan siswa-siswa madrasah yang tidak hanya pintar di bidang sains, tetapi juga agama. Inegrasi keilmuan menjadi keunggulan dalam KSM, “KSM ini untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif dan integratif,” tutur KaKanwil.

Perjalanan KSM yang panjang ini, menurut KaKanwil telah membawa dampak positif yang besar bagi lembaga madrasah. Peningkatan kualitas pendidikan, perkembangan potensi siswa-siswi, serta semangat persaingan yang sehat dan sportif adalah bukti nyata akan kesuksesan dan relevansi KSM dalam dunia pendidikan madrasah.

Pada KSM Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2023 untuk jenjang MA/SMA, terdapat enam mata uji, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi, yang dibagi menjadi tiga sesi waktu kompetisi. Untuk jenjang MTs/SMP, terdapat tiga mata uji, yaitu Matematika, IPA Terpadu, dan IPS Terpadu, yang juga dibagi menjadi tiga sesi waktu kompetisi. Sedangkan untuk jenjang MI/SD, terdapat dua mata uji, yaitu Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi, yang dibagi menjadi empat sesi waktu kompetisi.

Dikutip dari pendis.kemenag.go.id, Total pendaftar KSM sebanyak 149.664  peserta. Untuk jenjang  Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD) sebanyak 46.447 siswa, Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP) sebanyak 53.090 siswa dan Madrasah Aliyah (MA/SMA) sebanyak 48.417 siswa. Jumlah peserta tahun 2023 ini mencapai 149.664 peserta yang tersebar di 1.499 titik lokasi sesuai  yang telah ditentukan oleh panitia KSM Tingkat Kabupaten/Kota, dengan jumlah ruang dan pengawas sebanyak 9.803,

 

  • Tags:  

Terkait