Berita

Konsultasi Pimpinan Gereja Kristen dan Lembaga/Aras Provinsi DKI Jakarta

Selasa, 26 Maret 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) -- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab  membuka Kegiatan Konsultasi dengan Pimpinan Gereja Kristen Lembaga Aras Provinsi DKI Jakarta.

Sesuai dengan Visi Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Terwujudnya Masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir batin, dan visi Direktorat Jenderal Bimas Kristen Kementerian Agama yaitu Terwujudnya masyarakat Kristen yang berwawasan Oikumenies, beretika dan menghargai kemajemukan.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil berharap agar gereja dapat mengakomodir kebutuhan umat Kristen di DKI Jakarta sehingga menjadi pribadi yang menghargai setiap kemajemukan dan memelihara sikap toleransi antar umat beragama sesuai dengan Visi Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, KaKanwil juga membahas bahwa saat ini Kementerian Agama sedang mendorong 3 mantra, yaitu moderasi beragama, kebersamaan umat dan integrasi data.

"Moderasi beragama itu artinya bermoderat, meyakini ajaran agama sesuai dengan agama yang dianutnya," ujar KaKanwil saat memberikan materi dalam kegiatan yang mengusung tema "Peran Gereja dalam Membangun Kebersamaan Umat".  Senin (25/03).

Mantra kedua adalah Kebersamaan Umat. Menurut beliau, sebagai ASN Kementerian Agama ditengah masyarakat keberadaannya dapat menjadi Konsultatif, Edukatif dan Advokatif.

Dan mantra ke tiga adalah Integrasi Data, dimana tiga mantra tersebut dapat berjalan dengan baik apabila kita berkomitmen menjalankannya bersama.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengkaji dan memahami etika pelayanan Kristen dalam mewujudkan kesatuan dan persatuan sekaligus menjalin komunikasi antar Pimpinan Tokoh/Gereja dalam mengembangkan tugas pelayanan terhadap umat Kristen di Provinsi DKI Jakarta.

" Dan kegiatan ini dapat menghasilkan dan membentuk rumusan-rumusan yang baru, khususnya rumusan Teologis Menuju Pendewasaan Umat Kristen Di Indonesia," ujarnya.

Turut dihadiri Prof. Thomas Pentury, M.Si selaku Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI, Lisa Mulyati selaku Pembimas Kristen, Prof. KH. Syafi'i Mufid, Pdt. Mulyadi, D. Min selaku Pendeta GKI Muara Karang, Drs. Taufan Bakri, M.Si selaku PLT Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta,

Serta Untorno, S.PAK. M.Th selaku Kasubdit Lembaga Direktorat Urusan Agama dan 50 orang peserta yang terdiri dari Para Pimpinan Gereja Kristen dan Lembaga/Aras dan Forum/Organisasi Kristen yang ada di Provinsi DKI Jakarta. //rzky

Terkait