Berita

Kolaborasi Mata Pelajaran, Siswa MAN 9 Jakarta Hasilkan Sayuran Siap Panen

Rabu, 11 Januari 2023
blog

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) – Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta berhasil menyelesaikan proyek metode pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan judul “Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Sawi Hijau dan Bayam Merah Menggunakan Metode Hidroponik”.

Proyek yang dimulai pada November 2022 ini merupakan kolaborasi antara pelajaran Biologi dan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) dengan menghasilkan sayuran hasil panen yang dapat diolah guru dan peserta didik.

Selaku guru PKWU Sri Rahayu menjelaskan bahwa MAN 9 Jakarta saat ini memiliki program “SARMA (SARapan bersaMA)” sebagai program di bawah pendampingan NGTS (Nutrition Goes To School) Seameo Recfon.

“Dalam kompetensi dasar PKWU Kelas XII memang terdapat kompetensi budi daya, sehingga bisa berkolaborasi dengan Biologi,” ujarnya.

Sedangkan Guru Biologi, Tinia Leyli Shofia Ahmad mengatakan bahwa orang tua siswa sangat mendukung kegiatan ini, “Orang tua peserta didik mendukung mulai dari pendanaan sampai kegiatan makan bersama. Ada yang mengirimkan nasi, lauk, kue dan minuman sebagai pelengkapnya,” tuturnya.

“Proyek Biologi ini merupakan implementasi dari model pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Di awal kegiatan mereka membuat proposal yang di dalamnya terdapat time line. Setiap pekan saat KBM, siswa menyampaikan perkembangan proyeknya. Jika ada kendala, dicari solusinya,” sambung Tinia.

Dalam proyek ini, peserta didik berkolaborasi mempelajari banyak hal. Mulai dari membuat proposal, mengajukan dan mempertahankan ide dan gagasan, berkoordinasi, bertanggung jawab dan siap menanggung konsekuensi, mengelola pekerjaan, merawat sayuran, mengukur pertumbuhannya, hingga sampai memetik hasil panen.

“Seluruh siswa bekerja sama untuk menyukseskan proyek ini. Salut untuk Tim Perawatan yang sudah berjuang menjaga, merawat, bertanggung jawab, hingga proses panen,” ujar Aura selaku Ketua Proyek.

“Kami bangga dapat melakukan yang terbaik dan sukses sampai akhir. Ini semua tak lepas dari bimbingan guru, dan dukungan orang tua kami. Semoga keberhasilan ini menjadi pembuka sukses kami ke depannya,” harap Aura.

Terkait