Berita

Kick Off Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Dan Siswa

Senin, 7 Februari 2022
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas) --- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa pendidikan dalam perspektif islam ialah mempersiapkan peserta didik baik secara badannya, akalnya dan ruhnya untuk memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain. Menurutnya, irisannya sama dengan psikologi pendidikan yang menekankan kepada Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.

“Bagaimana seorang Kepala Madrasah mempersiapkan anak didik pada perspektif badannya, perspektif akalnya, kemudian perspektif ruhnya, demikian dengan kognitifnya. Sehingga ketiga hal tersebut masing masing di breakdown lagi menjadi pilar utama untuk memberikan manfaat pada Siswa dan outputnya dapat memberikan manfaat kepada orang lain,” ujar Cecep Khairul Anwar saat menutup kegiatan Kick Off Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dan Prestasi Siswa. Senin (07/02).

Di masa pendemi Covid 19, Kakanwil mengajak insan madrasah untuk mempunyai aktifitas yang kreatif, sehingga pembelajaran tetap berjalan dan siswa merasa nyaman.

“Mudah mudahan kegiatan ini dapat terimplementasikan serta bisa menggerakkan kepada para seluruh siswa siswi nya untuk betul betul memberikan manfaat bagi dirinya dan untuk orang lain,” kata Kakanwil yang didampingi Kabid Penmad dan Kepala Kankemenag Kota Jakarta Timur.

Tahun 2021, madrasah di DKI Jakarta berhasil meraih banyak prestasi. Cecep mengutarakan prestasi ini bukan hanya di akui oleh Kementerian Agama tetapi prestasi tersebut telah diakui DPR RI, Pemerintah Pusat bahkan Kementerian lainnya.

“Ini merupakan sebuah stimulan bagi kita dan menjadi sebuah trigger ke depannya agar tahun 2022 ini betul betul madrasah itu bisa mengalahkan semuanya. Dengan Kick Off ini para siswa dan para guru madrasah betul betul mempunyai prestasi,” jelasnya.

Terkait pedoman kinerja, Kakanwil meminta agar para Muharik Madrasah dapat menyentuh terkait program Kementerian Agama, yaitu Moderasi Beragama dan Digitalisasi.

“Digitalisasi sangat penting kedepannya, karena selaku kepala madrasah dapat memberikan pengetahuan terhadap peserta didik untuk jangkauan jauh kedepan,” ungkapnya.

Di akhir sambutan, Kakanwil berharap Kan Kemenag Kota Jakarta Timur dapat lebih unggul dari kota kota lainnya. Menurutnya, hal ini terlihat kehadiran dan komitmen para kepala madrasah untuk mengikuti kegiatan ini.

“Ini menjabarkan pada kita bahwa KanKemenag Kota Jakata Timur siap untuk mengimplementasikan madrasah berprestasi,” pungkasnya. 

  • Tags:  

Terkait