Berita

Kerjasama Dengan Puskesmas, MAN 17 Jakarta Perhatikan Kesehatan Gigi Siswa

Kamis, 29 September 2022
blog

Jakarta (Humas) --- Madrasah Aliyah Negeri 17 Jakarta bekerjasama dengan Puskesmas Kelurahan kapuk mengadakan pemeriksaan gigi dan mulut tingkat awal di kelas X.

“Tujuan kegiatan ini agar memotivasi siswa lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut supaya nanti di ujian akhir di kelas XII tidak ada keluhan sakit yang akan menganggu saat ujian atapun belajar," ujar Eka Fifi Ratnasari. Kamis(29/09/2022)

Sebelum melakukan pemeriksanaan gigi dan mulut, petugas puskesmas menjelaskan kepada siswa waktu yang tepat menyikat gigi yang baik adalah sehari 2 kali pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur. 

Dalam kegiatan ini petugas kesehatan juga mempraktekkan bagaimana prosedur menyikat gigi yang baik dan benar yaitu :

1.      Gengam sikat gigi dan letakkan pasta gigi diatas sikat gigi jangan terlalu banyak

2.      Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar selama lebih kurang 20 detik disetiap bagian

3.      Berkumur dengan air yang bersih setelah gigi disikat

4.      Gigi kembali bersih dan sehat bebas dari bakteri

“Sekarang saya dapat  pengetahuan baru cara merawat gigi dengan baik dan benar sekaligus mengetahui kesehatan gigi saya setelah dilakukan pemeriksaan,” ungkap salah satu siswa, Bilqis Salsabila.

Selain sosialisasi  petugas kesehatan juga melakukan pemeriksaan gigi dan mulut para siswa, dari hasil pemeriksaan  ditemukan beberapa siswa mengalami masalah pada giginya dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dipuskesmas.//Amn

 

 

Terkait