Berita

Kepala KUA Kemayoran Menyerahkan Bingkisan Peralatan Sholat ke DKM Ar-Ruju

Selasa, 3 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala KUA Kecamatan Kemayoran, Drs. H. Sukana berkesempatan mengunjungi Mushola Ar Ruju, Selasa (27/03). Bersama dengan para Penyuluh Agama Islam, beliau memberikan bingkisan peralatan sholat dan bantuan dana operasional sebesar Rp. 2.500.000,00.

 

Mushola Ar Ruju yang terletak di jl. Utan Panjang Barat Rt.11 Rw.10 Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran ini baru saja selesai melaksanakan renovasi. Renovasi yang dimulai sejak dua tahun lalu itu meliputi renovasi atap dan perluasan tempat wudhu dilakukan secara swadaya guna meningkatkan kapasitas dan kenyamanan beribadah.

 

Dalam sambutannya, Kepala KUA Kemayoran meminta para pengurus Majelis Taklim dan DKM Ar Ruju untuk meningkatkan kepekaan sosial. “Tolong menolong menjadi sebuah keharusan dalam hidup bermasyarakat,” jelasnya. Diharapkan perilaku yang memperkeruh suasana dari perbedaan menjadi permusuhan tidak akan terjadi.

 

“Perbedaan merupakan rahmat Allah,” jelasnya lagi. Perbedaan niscaya ada dimana saja namun perbedaan tidak untuk membeda-bedakan antara satu dengan yang lain. “Jangan karena beda partai lalu bermusuhan, jangan sebab berbeda Majelis Taklim lalu saling menjatuhkan,” sambungnya.

 

Dalam Qs Al Maidah ayat 2: dan tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa. Dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

 

Menurut Ibnu Athiyah, kata birr dalam ayat itu dapat bermakna ‘segala kebaikan’ yang berhubungan dengan perbuatan wajib maupun perbuatan sunnah. Ada pula ahli yang memaknainya sebagai ‘keridhoan orang banyak’ yang maksudnya ialah perbuatan yang disenangi oleh masyarakat pada umumnya.

 

Pepatah yang mengatakan “dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung” bermakna dalam tolong menolong agar juga mengikuti atau menghormati adat istiadat di tempat kita berada serta tidak memaksakan pendapat pribadi ataupun golongan.  /j15

  • Tags:  

Terkait