Berita

Kepala KUA dan Penyuluh Agama Berikan Bimbingan Rohani Bagi Pasien Rumah Sakit

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (InmasJP) --- Kepala KUA Cempaka Putih, H. Umar serta para Penyuluh Agama Islam PNS memberikan bimbingan rohani di RSUD Cempaka Putih, Kamis (12/09)

Bimbingan rohani diberikan kepada para pasien rawat inap dengan didampingi tenaga kesehatan dan humas RSUD Cempaka Putih.

H. Umar meminta agar para pasien selalu berdo’a dan berharap Rahmat Allah SWT berupa kesembuhan. “Agar dipahami bahwa sakit merupakan salah satu qodar Allah,” ucapnya menerangkan empat jenis qodar manusia dan salah satunya adalah menderita sakit.

Beliau mengutip Qs Al Baqoroh 2: 155 yang menjelaskan bahwa Allah pasti akan menguji hambanya dengan dengan ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, kesehatan dan buah-buahan.

“Mungkin dengan sakit, Allah akan meningkatkan derajat bapak,” ujarnya memotivasi. Beliau mengkisahkan sabda Rasulullah dalam HR Muslim, “Tidaklah seorang muslim tertusuk duri atau sesuatu yang lebih berat dari itu melainkan diangkat derajatnya dan dihapuskan dosa-dosanya sebab sakit tersebut”.

H. Umar juga berharap para pasien rawat inap tetap menjaga waktu sholat dan para anggota keluarganya turut membantu. “Sholat adalah kewajiban yang harus ditunaikan meski dalam keadaan sakit atau bepergian. Untuk itu, diberi kemudahan dengan sholat sambil duduk, berbaring, bahkan bisa dengan isyarat mata,” jelasnya.

Beliau pun berdo’a agar para keluarga, baik yang menunggui di rumah sakit maupun yang di rumah tetap diberi kesabaran dan dijauhkan dari sifat buruk sangka kepada Allah SWT.

“Rasulullah mengingatkan kita agar selalu berprasangka baik, sebab Rahmat Allah bersamaan dengan prasangka baik,” tandas H. Umar. /j15

 

Bimroh RSUD Cempaka Putih

Terkait