Berita

Kepala Kanwil: Pengawas Merupakan Garda Terdepan Penjaminan Mutu Pendidikan

Jumat, 29 Januari 2021
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) -- Kepala Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta Saiful Mujab mengukuhkan 19 orang Jabatan Fungsional Pengawas Madrasah di Aula Jayakarta pada Jum’at (29/1/2021).

Dalam arahannya, beliau meminta agar Bapak/Ibu yang dilantik dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal dan juga meningkatkan potensi pengawas.

Pengawas Madrasah merupakan garda terdepan bagi penjaminan kualitas pendidikan madrasah. Mutu Pendidikan madrasah juga sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM) yaitu tenaga pendidikan dan kependidikan. Peningkatan kualitas guru dan kepala menjadi peran strategis pengawas madrasah dalam rangka pelaksanaan supervisi akademik maupun manajerial.

"Pengawas harus dapat mengembangkan SDM di madrasah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya agar slogan Madrasah Hebat Bermartabat bukan sekedar pada fisik (bangunan) madrasah nya melainkan kualitas pendidikan dan manajerial". tambahnya.

Tugas pokok pengawas madrasah atau satuan pendidikan adalah melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial. 

"Dengan modal ilmu yang luas memberikan problem solving (pemecahan masalah) baik dari segi akademik dan manajerial di lingkungan madrasah", imbuhnya.

Terkait pelajaran jarak jauh (PJJ) yang membuat anak didik jenuh belajar dirumah, Ka.Kanwil minta agar para pengawas memformulasikan pengembangan pendidikan jarak jauh supaya tidak menghambat kreativitas anak.

Hadir Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kepala Bidang Penais, Zakat dan Wakaf, dan para pejabat Kemenag Kab/Kota yang hadir melalui aplikasi online tatap muka. /baz /syr

  • Tags:  

Terkait