Berita

KEKAYAAN SEBAGAI RAHMAT SEKALIGUS UJIAN DARI ALLAH SWT

Kamis, 9 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

Jakarta (Inmas Jakpus) -- Penyuluh KUA Kecamatan Kemayoran, Jajang, S.Ag memulai ceramahnya dengan membaca Firman Allah SWT dalam surah Al Ankabut ayat 2-3 “Apakah manusia mengira dibiarkan setelah mengatakan Kami Beriman, sedang mereka belum diuji?”

 

“Dan kami akan uji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan,” jelasnya tentang firman Allah SWT di Surah Al Anbiya ayat 35. Sesungguhnya ujian itu ada yang menyenangkan dan ada yang membencikan. Namun banyak orang yang meminta pada kekayaan dalam setiap do’anya. Artinya, minta diuji dengan hal yang menyenangkan.

 

“Dalam riwayat At Tirmidzi, sesungguhnya setiap umat ada ujian dan ujian bagi umatku ialah harta kekayaan,” jelasnya. “Demi Allah, bukanlah kemiskinan yang aku kuatirkan atas kamu, tetapi aku kuatir dengan kemewahan dunia yang kamu dapat seperti orang terdahulu lalu kamu bergelumang dalam kemewahan hingga binasa seperti binasanya orang terdahulu,” menyampaikan sabda Rasullullah SAW dalam Hadist Bukhori.

 

Untuk itu, kekayaan adalah rahmat sekaligus ujian, untuk menguji apakah kita mampu bersyukur dan mau mengeluarkan sebagian harta untuk zakat infak shodakoh. “Nanti kita akan ditanya dari mana dan untuk apa harta yang dimiliki,” ingatnya pada saat kita dihisab kelak, menutup tausiyah Ba’da Dhuhur pada Rabu (8/11) itu.  [j15]

  • Tags:  

Terkait