Berita

Kegiatan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Hindu Tahun 2018

Selasa, 20 Februari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

  

Bogor – (Bimas Hindu DKI) Dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Hindu di Provinsi DKI Jakarta, Pembimas Hindu melaksanakan kegiatan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Hindu Tahun 2018, yang berlokasi di Hotel Royal Safari Garden, Bogor, Jumat s.d Minggu  (16 s.d 18 Februari 2018).

Kegiatan ini di buka langsung oleh Direktur Pendidikan Agama Hindu Kemenag RI, Ida Bagus Gede Subawa, yang di dampingi oleh Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, I Gusti Made Mudana, dan Ketua Panitia Putu Sariati, peserta yang hadir pada kegiatan ini merupakan guru-guru Agama Hindu yang mengajar di Jakarta yang berjumlah  36 orang.

Usai Pembukaan  di lanjutkan dengan materi Kebijakan Dirjen Bimas Hindu Tentang Pelaksanaan USBN Pendidikan Agama Hindu oleh Direktur Pendidikan Agama Hindu Kemenag RI, dalam pemaparannya di jelaskan bahwa tugas Dirjen Bimas Hindu yang berkaitan dengan USBN adalah Mensosialisasikan serta melanjutkan apa yang menjadi kebijakan dari Dinas Pendidikan agar dapat terlaksana dengan baik. Materi kedua yang dilanjutkan pada malam hari hingga esok harinya yaitu materi Bedah Indikator Kedalam Soal oleh I Made Sutresna dan materi yang ketiga Teknik Membuat Soal High Order Thinking Skill (Hots) Sesuai Indikator, oleh Feisal Ghozaly yang berinstansi di Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Usai penyampaian dari ketiga pemateri dilanjutkan dengan penyusunan Soal hingga selesai yang didampingi oleh Ketua MGMP DKI Jakarta, Komang Susila.

Pada penghujung kegiatan dilakukan penyerahan hasil kegiatan dari peserta ke Panitia Pelaksana, yang hasilnya akan diolah dan digabungkan dengan soal dari Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI sebanyak 25% kemudian diserahkan ke Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta./Tj

  • Tags:  

Terkait