Berita

Kanwil Kemenag DKI Gelar Penguatan Kompetensi Penceramah Agama

Rabu, 21 Oktober 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menggelar Program penguatan kompetensi penceramah agama angkatan pertama. Kegiatan yang berlangsung di Jakarta selama dua hari mulai 21 Oktober hingga 22 Oktober 2020, dibuka oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Saiful Mujab.

Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan ini, merupakan pembinaan keumatan dan bagian penting pembangunan yang tercantum pada Rencana Strategis (Renstra) Kemenag 2020 – 2024.

Dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi penceramah agama yang lebih professional, mumpuni dan berwawasan kebangsaan dan ikut dalam mengawal moderasi beragama.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan, peran ulama dan tokoh agama sangat penting sekali di masyarakat. Karena penduduk Indonesia yang beragama islam diatas 85 persen.

“Sehingga pemahaman masyarakat di perkotaan terhadap nilai dan ajaran islam masih perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Pemerintah, menurutnya dalam hal ini Kementerian Agama menjadi salah satu tombak untuk membina umat dan penceramah menjadi garda terdepan dalam membimbing masyarakat untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama secara kaaffah (menyeluruh).

“Salah satu faktor yang mendukung sangat ditentukan oleh kompetensi penceramah yang dimiliki,” imbuhnya.

Kakanwil berharap, penguatan kompetensi yang dilaksanakan ini akan menghasilkan penceramah yang berwawasan keislaman moderat dan berkebangsaan.

“Sehingga, untuk menghasilkan umat beragama yang berkualitas, yaitu mereka yang mampu bicara dengan umat (masyarakat) dengan bahasa mereka,” ujarnya.

Adapun Narasumber dalam kegiatan ini adalah ; Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Dr. KH. Samsul Ma’arif (Ketua PWNU DKI), Dr.Suyoto,M.Si (Lemhanas RI), Dr.KH.MUchlis Hanafi, MA (Ketua Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran), Dr.Muhamad Sabri,MA (Direktur Pengkajian Materi BPIP), Dr.H.Ahmad Juraidi,MA (Direktur Penerangan Agama Islam) dan H.Zulkarnain,S.Ag, M.Hum (Kabid Penais Zawa).

Sedangkan peserta yang berjumlah 150 orang berasal dari 29 Ormas Islam, Lembaga Keagamaan dan FKPAI.

  • Tags:  

Terkait