Berita

KaKanwil Kemenag DKI Hadiri Peresmian Gedung Baru Kanwil Kemenag Ambon

Ahad, 28 Oktober 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Ambon (Inmas) --- Kanwil Kemenag Provinsi Maluku kini memiliki gedung baru. Gedung tersebut hari ini, Sabtu (27/10), diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Bersamaan itu, diresmikan juga kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Ini menjadi PTSP ke-18 yang dibuka di Kanwil Kemenag Provinsi di Indonesia. 

Peresmian ini ditandai dengan penguntingan pita oleh Menag didampingi Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad. Tampak ikut menyaksikan, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua. Hadir juga, tokoh lintas agama Maluku, para rektor perguruan tinggi, Kepala Kankemenag Kab/Kota se Provinsi Maluku, dan sejumlah Kakanwil Kemenag di Indonesia. 

"Kewajiban kita untuk memberikan ruh dan jiwa terhadap bangunan baru, sehingga keberadaannya dapat memberikan makna, manfaat serta menebarkan kemaslahatan kepada umat. Sementara bagi penghuni bangunan memiliki kewajiban memberikan fungsi pelayanan," pesan Menag. 

Menurutnya, cara agar ASN Kemenag Provinsi Maluku dapat memberikan ruh dan jiwa terhadap bangunan baru adalah dengan menanamkan rasa cinta. Kecintaan akan menjadi kekuatan di tengah hambatan dan kendala yang dihadapi.

"Melalui fasilitas dan sarana gedung baru yang hakekatnya benda mati, gunakanlah untuk menabarkan kebajikan dan ibadah dalam pengertian luas," kata Menag. 

"Begitu juga dengan PTSP yang tidak hanya sekadar simbol, melainkan cara kita memberikan pelayanan yang menjadi kewajiban bagi ASN Kemenag sehingga dirancang sistematis agar efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," sambungnya.

Kepala Kantor Kemenag Provinsi Maluku Fesal Musaad melaporkan bahwa gedung baru ini dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi.

"Sementara PTSP Kanwil Kemenag Maluku yang diresmikan Menag menyediakan sebanyak 43 layanan baik perizinan dan hal ihwal keagamaan lainnya," ujar Fesal.

Terkait