Berita

Kakanwil : Jadilah Guru yang Moderat, Inspiratif dan Kreatif..

Selasa, 20 Maret 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Bogor (Inmas) Mengingat waktu pelaksanaan ujian madrasah tahun 2017/2018 yang semakin dekat, Bidang Pendidikan Madrasah mengadakan kegiatan Penyusunan Soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2017/2018 di Bogor. (19/3)

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta H. Saiful Mujab Mengatakan bahwa kegiatan ini  memiliki nilai dan arti strategis dalam bidang pendidikan madrasah khususnya soal ujian yang berstandar Nasioanal.

“saya harap bapak dan ibu yang masuk tim penyusun soal  agar berkonsentrasi sebab keberhasilan pendidikan ada ditangan bapak dan ibu semua, dan hasil dari ujian ini akan digunakan untuk pemetaan peserta didik kedepannya.” Ujar KaKanwil

Menurut Saiful Mujab para peserta yang hadir hari ini dikumpulkan untuk menyusun soal salah satu tujuannya adalah untuk membuat pemetaan sejauh mana usaha yang selama ini telah lakukan untuk mendidik anak didik hingga ujian nanti dan sejauh mana pemahaman perubahan anak didik itu bisa terukur dengan baik.

Masih menurut Saiful Mujab guru madrasah yang berada dibawah naungan Direktur Jenderal Pendidikan Islam ada tiga pola yaitu yang pertama menjadi guru harus dapat mamahami terkait kemoderatan, seorang guru harus moderat bisa mengaseklerasi keadaan saat ini, isu isu aktual ini bisa didorong sebagai potensi untuk mengajar anak didik agar anak didik tidak  monoton.

Kedua Guru harus inspiratif dan membangkitkan semangat siswa, Terakhir Guru harus kreatif, seorang guru dituntut agar kreatif, pengembagan pengajaran  tidak berhenti pada ceramah, tidak  hanya memberikan tugas dan diskusi persoalan, tapi bagaimana mendorong kedepan yang lebih baik.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Karsa Sukarsa menyampaikan tujuan kegiatan Penyusunan Naskah soal UAMBN MI ini adalah Tersusunnya Naskah soal ujian UAMBN tingkat MI Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan mengacu pada kisi - kisi yang disusun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam dan menghasilkan naskah soal UAMBN MI yang berkualitas.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 19 sampai 21 Maret 2018 dan diikuti 50 peserta terdiri dari 30 orang tim penyusun Naskah soal, 15 orang penelaahan soal dan 5 orang koordinator

Tampak hadir dalam kegiatan ini Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Arif Maulana, Kepala Seksi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan H. Herman, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana H. Imran Hatumena, Kepala Seksi Kesiswaan Viola Cempaka dan Kepala  Kelembagaan dan Sitem Informasi Madrsah Arif Okta Aridi./S79/M

 

  • Tags:  

Terkait