Berita

Kakanwil Hadiri Pengelolaan Manajemen Masjid Berbasis SIMAS

Rabu, 4 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta H. Saiful Mujab Mengapresiasi Kepada Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah yang telah mengadakan Pengelolaan Manajemen Masjid Berbasis SIMAS, di Jakarta. Selasa (3/4)

SIMAS(Sistem Informasi  Management Masjid) sendiri adalah sebuah aplikasi yang telah digagas oleh kementerian agama didalam rangka untuk pendataan masjid yang bersifat On Time.

“semoga dengan SIMAS setidaknya akan terpenuhi data masjid 100% yang ada di DKI Jakarta yang nantinya data tersebut akan digunakan untuk menjadi pertimbangan kebijakan kedepan.” Ujar KaKanwil.

Fungsi masjid ada 3 yaitu  idaroh, imaroh dan riayah. Terkait dengan bagaimana memakmurkan masjid riayah, bagaimana kita memelihara masjid idaroh bagaimana pengadministrasian masjid imaroh ini tentunya ke 3 hal ini harus berjalan bersama,dan nanti yang terekam di SIMAS bukan sekedar nama masjid tapi 3 hal itu harus terekam.

“aplikasi ini sama dengan aplikasi KTP, apabila kita akan memasukkan data masjid da alamat harusnya disana muncul ,sudah terekam atau belum,bila sudah terekam dia akan muncul, sehingga data nanti akan terus berkelanjutan tanpa dobel data.” Jelas KaKanwil

Kegiatan ini di ikuti 60 peserta terdiri dari opertor SIMAS KUA Kecamatan, Kemenag Kota/Kabupaten, serta pengurus Masjid Provinsi DKI Jakarta dan tampak hadir Kepala Bidang Urusan Agama Islam & Pembinaan Syariah H. Purwanto dan Para Kasi pada Bidang Urusan Agama Islam & Pembinaan Syariah Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta./S79/MM

  • Tags:  

Terkait