Berita

Kakanwil : Buatlah Terobosan Dan Bangun Networking Untuk Meningkatkan Kualitas Guru

Rabu, 22 Januari 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab berharap, anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) membuat suatu terobosan dan membangun networking dengan perguruan tinggi atau lembaga kemasyarakatan untuk meningkatkan kualitas guru.

Hal ini disampaikan saat memberikan materi pada kegiatan Revitalisasi dan Pengembangan MGMP Biologi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta.Selasa (21/01)

“Bagaimana menciptakan generasi yang baik dalam meningkatkan prestasi siswa,” ujarnya.

Kakanwil menuturkan kegiatan MGMP dapat dihargai untuk studi lanjut bagi guru, maka perlu diadakan standarisasi penyelenggaraan MGMP. Mengingat perannya sangat penting dalam pengembangan profesionalisme guru.

“Dan pelaksanaan kegiatan MGMP lebih terarah,” jelasnya.

Saiful mengingatkan bahwa peran MGMP dalam mengembangkan profesionalitas guru menjadi lebih penting usai pemerintah memberlakukan kurikulum baru. Dan menjadi wadah vital bagi guru untuk mereform dirinya agar mampu menyiapkan peserta didik yang tangguh, kreatif, kritis, dan terampil.

”Untuk itu diharapkan pendekatan proses pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru tetapi berpusat pada siswa,” imbuhnya.

Mengenai berbagai inovasi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning), CBSA (Student Active Learning), Problem Solving (Problem-Based Learning), Kakanwil berharap dikuasai guru dengan baik.

“Guru harus profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai agen pembelajaran,” terangnya dihadapan 30 peserta.

  • Tags:  

Terkait