Berita

Kajian Kitab Populer Karya Imam An Nawawi Al Dimasyqi di KUA Senen

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Penyuluh Agama Islam, H. Hadi Rosadi memberikan arahan kepada para Penyuluh Agama Honorer dan Ibu-ibu dari Majelis Taklim se Kecamatan Senen di aula KUA Senen pada Kamis (11/10). Acara itu juga diisi dengan kajian kitab Arbain An Nawawi oleh ustadz HM. Ali Ridho.

 

Arbain An Nawawi merupakan kitab pilihan yang disusun oleh Imam Nawawi. Sejatinya ada empat puluh dua hadist yang termuat dalam kitab tersebut. Dasar kitab ini adalah Al Hadist Al Kulliyah yang didiktekan oleh Imam Al Hafizh Abu Amr bin Ash Shalah, dari kumpulan 26 hadist yang padat. Kemudian Imam Nawawi menggenapkan menjadi 42 hadist dan menamakannya dengan Arbain.

 

Diantara ke-42 hadist tersebut, yang paling inti antara lain di hadist pertama tentang Niat yang menjelaskan bahwa amalan tergantung niatnya. Pada hadist kedua tentang Jibril menjelaskan mengenai Rukun Islam, Rukun Iman, dan Rukun Ihsan. Pada hadist keenam menjelaskan tentang Halal, Haram, dan Syubhat.

 

Bahkan begitu populernya kitab ini sehingga menarik minat ulama untuk memberikan syarah (komentar pendamping yang menjabarkan isi kitab). Ulama-ulama tersebut antara lain Ibnu Daqiqil, Abdurrahman bin Nashir dan Muhammad bin Shalih. Lalu oleh Sayyid bin Ibrahim, syarah-syarah itu dikumpulkan di dalam satu buku yang bernama Ad Durrarus Salafiyah Syarah Al Arbain An Nawawi.

 

Pentingnya kajian kitab ini karena mencangkup sebagian besar urusan dan kebutuhan umat Islam di dunia dan di akhirat, baik dari aqidah, hukum, syariah, muamalah, dan akhlak. Imam Nawawi yang lahir di Nawa dekat Kota Damaskus, lahir tahun 631 H dan wafat tahun 676 H bergelar An Nawawi Ad Dimasyqi. Selain kitab ini, kitab Riyadhus Shalihin, Al Minhaj (syarah Shahih Muslim), dan At Taqrib wat Taysir adalah karyanya.

 

“Diharapkan kajian kitab Imam Nawawi ini dapat meningkatkan wawasan ke-Islaman kita,” ucap Rosadi. Lebih jauh beliau mengharapkan agar PAH (Penyuluh Agama Islam Honorer) di KUA Senen dapat menyebarkan kandungan kitab Imam Nawawi ini kepada masyarakat di seluruh pelosok wilayah Kecamatan Senen.  /j15

 

Ustadz Ali Ridho

Terkait