Berita

Inilah Strategi MAN 9 Jakarta Hadapi Tahun Pelajaran Baru

blog

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) --- Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN 9 Jakarta Timur mengikuti kegiatan Rapat Kerja (Raker) mulai 20 - 21 Juni 2022 di Aula MAN 9. Raker yang diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan Tahun Ajaran 2022/2023, mengusung tema: “Meningkatkan Profesionalitas Menuju Madrasah Mandiri Berprestasi”

Hari pertama Raker, diisi dengan materi-materi yang dapat memotivasi dan meningkatkan semangat kinerja seluruh GTK. Mulai dari materi Personal Branding yang disampaikan oleh Ispawati Asri (Widyaiswara Pusdiklat Tenaga Administrasi Keagamaan RI), Capacity Building Motivation (Menjadi Pendidik Kompeten dan Berkarakter Dunia Akhirat, Rasulullah SAW sebagai Model) oleh Bahroin Suryantara, materi Implementasi Kurikulum Merdeka (ditinjau dari Standar Isi, Proses dan Penilaian) oleh Susiana Manisih (Pengawas Satuan Pendidikan), serta materi Tata Kelola Ketatausahaan 2022-2023 oleh Ka. TU MAN 9, Hanif Fakri.

“Setiap madrasah harus memiliki brand positif yang menjual, agar masyarakat tau keunggulan madrasah tersebut. Seluruh warga madrasah, baik dari penampilan, akhlak, dan prestasi, akan memberikan gambaran yang melekat dari madrasah,” ujar Asrie, WI Pusdiklat. “Penting kiranya kita memperhatikan apa yang dapat dilihat dan dirasakan masyarakat, termasuk penampilan, karena kita adalah public figure,” tambahnya.

Bahroin dalam motivasinya menyampaikan bahwa jika ada guru yang tidak bahagia, berarti ada yang keliru dengan yang dilakukan. “Guru harus punya sesuatu untuk dibagikan kepada muridnya. Kemampuan mengajar, kemampuan membimbing, mengarahkan, dan memotivasi, sangat dibutuhkan agar peserta didik bisa berkembang mandiri ke arah yang lebih baik. Untuk itu guru harus terus belajar mengasah diri.”

Memasuki hari kedua, kegiatan sudah mengacu kepada kegiatan internal madrasah, berupa paparan program dan persiapan kegiatan Tahun Ajaran 2022/2023. Acara dibuka dengan paparan dan arahan Kepala Madrasah.

“Kita harus mendukung seluruh program Madrasah supaya tahun depan tidak hanya Madrasah yang meraih prestasi tetapi juga guru dan siswa juga harus berprestasi,” ujar Rifqiati selaku Kepala MAN 9.

Di akhir kegiatan Ketua Komite MAN 9, Romelan menyampaikan bahwa Komite akan selalu mendukung program-program Madrasah sebagai salah satu bentuk support untuk memajukan Madrasah./UAR

Terkait