Berita

Hardiknas, Upaya Menghargai Jasa Para Guru

Rabu, 2 Mei 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas Jakut) --- Hari Pendidikan Nasional yang disingkat HARDIKNAS adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

 

Hari bersejarah yang kerap ditandai dengan melaksanakan upacara bendera khususnya di lembaga pemerintahan ini pun diperingati oleh segenap Pejabat dan ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kota Jakarta Utara. Tepat pukul: 07.30 WIB upacara peringatan HARDIKNAS pun dilaksanakan seiring dengan Kepala Kantor Kemenag Jakarta Utara H. A. Rasyid H. Usman menaiki altar upacara. Selasa(02/05).

 

Dengan membacakan teks pidato yang ditulis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhajir Effendy, Kepala Kantor Kemenag ikut serta mengajak seluruh ASN untuk menjadikan momentum bersejarah ini sebagai refleksi atas usaha yang telah dilakukan di bidang pendidikan. Hal ini dirasa penting agar kita mampu memperbaiki kekurangan dan segera menyusun langkah strategis guna meraih masa depan pendidikan nasional yang diinginkan bersama.

 

Secara khusus H. A. Rasyid mengatakan, HARDIKNAS yang kita peringati ini sejatinya erat terkait dengan upaya mengenang dan menghargai jasa para Guru yang telah mentransfer ilmu dan budi pekerti kepada anak didiknya. “Pada peringatan Hardiknas kali ini, saya berharap para pendidik/guru mampu meningkatkan mutu dan kualitasnya agar pendidikan dan budaya di Negara kita bisa tumbuh dan terjaga dengan baik,” tandasnya.

 

H. A. Rasyid menjelaskan, tugas Guru atau pendidik tidak hanya mengajar saja. Lebih dari itu, seorang Guru juga harus mampu mendorong bakat dan kreatifitas seorang anak didik dengan cara menditeksi sedini mungkin agar bisa dilatih dan diarahkan sesuai kemampuan masing-masing.

 

Di luar dari pada itu, agar upaya penguatan pendidikan dan memajukan kebudayaan bangsa ini bisa diwujudkan, hendaknya pemerintah yang membawahi bidang pendidikan di tanah air, terus menerus atau secara bertahap meningkatkan sarana dan prasarana belajar agar suasana KBM bisa berjalan lancar dan menyenangkan bagi anak didik.

 

Upacara peringatan HARDIKNAS pada tanggal 02 Mei 2018 yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Kota Jakarta Utara ini berlangsung dengan baik serta penuh khidmat./Z/N

  • Tags:  

Terkait