Berita

Gelar Karya P5 PPRA dengan Tema Berkebinekaan Global, Merayakan Kebudayaan Indonesia

blog

Jakarta ( Humas MAN 11 Jakarta) — MAN 11 Jakarta sukses menggelar perayaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) dengan tema "Berkebinekaan Global" dilaksanakan pada rabu (9/10/2024). Kegiatan gelar karya ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X, yang menampilkan berbagai adat istiadat dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini menjadi wadah bagi siswa untuk memahami, merayakan, dan menjaga keberagaman budaya Indonesia dalam semangat Pancasila dan Islam yang rahmatan lil alamin.

Perayaan dimulai dengan parade budaya di halaman madrasah, di mana siswa mengenakan pakaian tradisional dari berbagai suku, seperti Jawa, Sumatera, Papua, dan Bali. Setiap kelompok siswa menampilkan tarian daerah, alat musik tradisional, dan memperagakan adat-istiadat unik dari daerah mereka. Hal ini mencerminkan komitmen madrasah dalam membentuk siswa yang memiliki wawasan global, namun tetap menghargai kekayaan budaya lokal.

Kegiatan P5 PPRA dengan tema Berkebinekaan Global ini juga mengajarkan siswa untuk lebih terbuka terhadap perbedaan yang ada di dunia. Dengan memahami keberagaman di Indonesia, siswa diharapkan juga mampu menghargai kebudayaan dari negara lain, mencerminkan semangat global yang inklusif namun tetap berakar pada identitas lokal.

Selain itu, pameran budaya juga digelar di area madrasah, menampilkan kerajinan tangan dan makanan khas dari berbagai daerah. Setiap stan dikelola oleh siswa kelas X yang telah bekerja keras mempersiapkan berbagai elemen budaya untuk ditampilkan. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa tentang keberagaman, tetapi juga menumbuhkan rasa bangga terhadap warisan budaya Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Madarsah Bidang Krukulum, Ishak, menyatakan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat besar bagi para siswa.

"Kegiatan seperti ini mengajarkan kepada siswa bahwa kebinekaan adalah kekuatan dan mereka belajar untuk saling menghargai perbedaan budaya,Ini adalah pelajaran yang tidak hanya penting di lingkungan madrasah, tetapi juga untuk kehidupan mereka di masa depan," ungkap Ishak.

Salah satu siswa, Andika, berbagi kesan dan pengalamannya dalam mempersiapkan kegiatan ini.

"Mempersiapkan acara ini sangat menyenangkan, meskipun penuh tantangan. Kami belajar banyak tentang adat dan tradisi dari daerah yang kami wakili dan saya pribadi jadi lebih paham tentang pentingnya menjaga budaya," ujar Andika.

MAN 11 Jakarta berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa dalam rangka memperkuat nilai-nilai Pancasila dan rahmatan lil alamin di kalangan siswa.

“Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk generasi muda yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, inklusif, dan toleran terhadap keberagaman,” tutup Ishak.

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor