Berita

Gebyar Muharam MTs N 16 Jakarta, Didik Siswa Jadi Umat Yang Cinta Islam

Kamis, 21 September 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 16) --- Rintik hujan baru saja berhenti di wilayah Pisangan, Jakarta Timur. Namun,  615 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Jakarta telah bersiap di halaman madrasah. Mengenakan pakaian ekstra kurikuler masing-masing, mereka bersiap untuk mengikuti kegiatan Gebyar Muharam, Rabu (20/09).


Gebyar Muharam, dilaksanakan dalam rangka menyambut pergantian tahun hijriah , 1 Muharam 1439H. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa, guru maupun komite MTs Negeri 16 ini mengusung tema “Membangun Rohani Menuju Generasi  Qur’ani”.

 

Dalam arahannya, Kepala MTs Negeri 16 Jakarta, Hj. Faizah berharap akan tumbuh ghirah keislaman warga MTs N 16 Jakarta. “Jadilah umat yang cinta dan bangga dengan syariat Islam,” kata Faizah di hadapan siswa MTs 16 Jakarta.


Tarhib mengawali kegiatan Gebyar Muharam. Ustadz Akhmad Fikriansyah dalam tausiahnya mengupas tuntas tentang hijrahnya Baginda Rasulullah SAW.  Dengan mengetahui  kisah hijrah yang dilakukan Rasulullah, diharapkan siswa MTs 16 Jakarta dapat meneladani, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


Usai mendengarkan tausiah,  siswa yang terdiri dari 18 rombongan belajar ini mulai berbaris sesuai dengan ekstrakurikuler yang mereka ikuti.  Berada di barisan paling depan,siswa berseragam jas merah dan celana putih yang menjadi kebanggan Ekskul Paskibra MTs 16 Jakarta. Barisan ini pun dilepas oleh Kepala MTs Negeri 16 Jakarta untuk mulai kirab  Gebyar Muharam 1439 H.


Kirab diikuti oleh segenap warga MTs 16 Jakarta mulai dari  Kepala Madrasah,guru dan siswa. Barisan yang  dikawal langsung oleh Satpol PP Pisangan Timur ini, tampak membawa papan bertuliskan pesan-pesan Islami.

 

Lantunan shalawat yang dikumandangkan oleh tim hadroh MTs 16 menambah semangat barisan kirab ini. Para siswa tampak membagikan ucapan selamat tahun baru beserta kembang bayang dan hadiah makanan kecil kepada warga Pisangan dan sekitarnya, Hal ini bertujuan agar siswa memiliki kepedulian dengan sesama.


Antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya warga sekitar yang berjejer sambil ikut bershalawat dan mengaminkan doa yang dilantunkan oleh pemandu kirab, Saifuddin Zuhri.,Kirab semakin meriah ketika barisan kirab bertemu dengan rombongan siswa dari
TK Al Muawanah yang juga bergerak melaksanakan kirab bersama. Mudah-mudahan dengan Gebyar Muharam yang dilaksanakan, dapat menanamkan pada siswa untuk lebih mencintai Islam. (Humas MTs 16 / ilm /ilm)


  • Tags:  

Terkait