Berita

Gebyar HUT RI, DWP Kemenag DKI Adakan Tes IVA dan Sadanis Gratis

Rabu, 10 Agustus 2022
blog

Jakarta (Humas) - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta dan Dharma Wanita Persatuan UIN Syarif Hidayatullah menggelar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis, Rabu (10/08/2022).

Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara yang diinisiasi DWP Kemenag pusat. Sampai hari ini, tercatat ada 16,335 peserta yang sudah mendaftar,” ujar Eny Retno secara daring.

Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Ketua DWP Kanwil Kemenag DKI Jakarta Nanung Habibah menghaturkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Puskesmas Kec. Jatinegara, Puskesmas Kec. Cakung, Puskesmas Kec. Pulo Gadung, Puskesmas Kec. Duren Sawit dan Puskesmas Kec. Kramatjati  atas berlangsungnya kegiatan ini.

“Alhamdulillah sebanyak 125 orang mengikuti kegiatan Tes IVA dan Sadinis di Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta,” tutur Habibah

 

  • Tags:  

Terkait