Berita

Ekskul Wirasena MAN 14 Jakarta Menjelajah Alam

Selasa, 22 Oktober 2024
blog

Pecinta alam MAN 14 Jakarta

Jakarta (Humas MAN 14 Jakarta) – Ekstrakurikuler (ekskul) Pecinta Alam Wirasena Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta mengadakan kegiatan pengenalan alam bagi para anggotanya dari 18 - 20 Oktober 2024). Kegiatan yang dilaksanakan di Gunung Luhur Cikoneng Cisarua Bogor Jawa Barat ini diikuti oleh 24 orang anggota Wirasena kelas X, XI, dan XII.

 

Wirasena merupakan wadah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok siswa yang memiliki ketertarikan pada alam. Kegiatan paling umum yang dilakukan adalah mendaki gunung. Ekskul pencinta alam Wirasena menjadi wahana yang menarik bagi siswa untuk mengeksplorasi keindahan alam sekitar dan memperdalam pemahaman mereka tentang pentingnya pelestarian lingkungan. Melalui kegiatan seperti hiking, camping, dan eksplorasi alam, siswa diajak untuk menjelajahi keanekaragaman hayati dan keindahan alam di sekitar mereka. Mereka belajar tentang ekosistem, perlindungan satwa liar, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Kata Wirasena sendiri berasal dari bahasa Kawi artinya sekumpulan para pemberani.

 

Kegiatan pengenalan alam yang dilaksanakan oleh Wirasena bertujuan untuk mengenalkan dan melatih anggota baru untuk bertanggungjawab dalam pengelolaan dan pelestarian alam, serta menerapkan materi-materi yang telah dipelajari saat ini. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan ekstrakurikuler pecinta alam dapat terus berjalan dan menghasilkan manusia yang berkarakter dan disiplin.

 

Wandi Del Putra Wakil Kepala Bidang Kesiswaan mengharapkan agar para anggota Wirasena terlibat dalam kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan seperti penanaman pohon, pembersihan pantai, daur ulang, dan kampanye lingkungan sehingga bisa merasakan dampak nyata dari tindakan-tindakan kecil yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

 

“Setelah dilakukannya acara ini diharapkan anggota Wirasena memiliki kepercayaan diri dalam berkegiatan di alam bebas, memiliki kemampuan bekerja dalam tim, memiliki keterampilan dalam menyelesaikan masalah di alam bebas, dan siap membantu antar saudara”, tambahnya./stw

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor