Berita

Di Tengah Pandemik Covid 19, Belajar Tetap Asyik Berkreasi

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 2) -- Di tengah pandemi Covid 19 yang masih melanda negeri ini, memaksa seluruh masyarakat untuk tetap di rumah. Dan bulan yang penuh maghfirah ini, pembelajaran dan aktivitas ibadah tetap dapat dilakukan di rumah. MAN 2 Jakarta, misalnya, telah mengkondisikan seluruh siswa untuk melakukan aktivitas keagamaan lebih banyak di bulan ini, tepatnya sejak 27 April 2020.
Melalui divisi Keagamaan yang terdiri dari beberapa pendidik bidang keagamaan dan umum, MAN 2 Jakarta mengawali kegiatan bulan Ramadhan dengan shalat Dhuha, dilanjutkan dengan tilawah satu siswa satu juz dan diakhiri dengan menyimak tausyiah melalui youtube.
Adapun kegiatan shalat Dhuha memang telah dilakukan secara rutin di halaman sekolah jauh sebelum pandemic melanda. Sedangkan tilawah Al Quran dipandu oleh wali kelas masing-masing melalui aplikasi zoom. Dan capaian yang diharapkan adalah setiap kelas dapat mengkhatamkan Al Quran setiap hari.
“Kami memantau siswa agar tetap berada di rumah dan mendorong mereka untuk berkreasi melakukan kegiatan positif,” ujar kepala MAN 2 Jakarta, Wido Prayoga.
Sebelum bulan Ramadhan, MAN 2 Jakarta telah mengadakan berbagai kegiatan dari rumah, di antaranya membuat vlog dan video flyer yang berisi anjuran dan dukungan terhadap pencegahan Covid 19.
Upaya lain yang dilakukan adalah kerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Ciracas. Secara rutin dalam tiap pekan, Poli Konsultasi di Puskesmas ini membuka live Instagram mengenai Kesehatan dan konsultasi remaja. Dalam forum online tersebut siswa berkesempatan untuk curhat mengenai berbagai topik seputar remaja, menyikapi pandemi dengan senang hati, menjalin hubungan sehat jarak jauh, hingga problem belajar online.
“Agenda yang disuguhkan sekolah pada kami tetap bisa kami ikuti dengan asyik, karena tak memberatkan dan tidak full seharian. Kami juga dapat mengurangi kejenuhan dengan membuat konten di media sosial,” ungkap Naily, siswa kelas X Agama. (Yuyum Daryumi)

Terkait