Berita

Delegasi Muslim dari Mindanao Belajar Sistem Pendidikan Islam di Madrasah DKI Jakarta

Kamis, 20 Juni 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta menerima kunjungan delegasi dari Daerah Otonomi Muslim Mindanao (ARMM) Filipina.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Pendidikan Madrasah mengucapkan selamat datang di Madrasah lingkungan DKI Jakarta. Semoga pengalaman dalam kunjungan ini memberikan hasil yang positif.

“Selama observasi pada madrasah di DKI Jakarta dapat memberikan hasil yang baik dan dapat diterapkan disana, jika tidak baik jangan dibawa," ujar Nur Pawaidudin yang mewakili Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

Beliau menambahkan, bahwa Kanwil Kemenag DKI Jakarta selama tiga tahun terakhir, pendaftaran siswa dilakukan secara online dan tes nya menggunakan online. Ia berharap siswa madrasah dapat berprestasi bidang pengetahuan dan keterampilan tetapi di utamakan pada penguatan akhlakul karimah.

“Karena DKI sangat heterogen, maka penguatan akhlakul karimah lebih utama yang akan dikawal oleh madrasah,” imbuhnya.

“Salah satu upayanya adalah bidang mulok dan hafapan al quran yang dilaksanakan diseluruh madrasah, minimal 3 juz pada siswa madrasah aliyah,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Kelompok Kerja Teknis Komite Tarbiya Dr Ismail Abdullah mengapresiasi madrasah yang ada di DKI Jakarta yang telah melaksanakan pendidikan islam dengan baik.

“Kami masih dalam proses pengembangan pendidikan islam di Philippines sehingga kami ingin belajar pada madrasah di Kementerian Agama,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Sebelumnya, delegasi juga mengunjungi beberapa lembaga pendidikan islam, diantaranya UIN Jakarta, MAN Insan Cendekia Serpong, dan Pondok Pesantren Muadalah Jakarta.

Hadir juga Prof. Bahrul Hayat, Para Kasi Penmad Kanwil, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta, Kepala Madrasah Tsanawiyah 3 Jakarta, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jakarta beserta para tenaga pendidik.

  • Tags:  

Terkait