Berita

Bulan Muharam , Momentum Hijrah Pemuda Islam MAN 22 Jakarta

Ahad, 8 Oktober 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 22 Jakarta) ---  MAN 22 Jakarta Barat mengadakan peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1439 H di Masjid Ath – Thohirin pada Rabu (20/09). Acara yang dihadiri oleh seluruh civitas akademik MAN 22 Jakarta, mengusung tema “Jadikan Muharam Sebagai Momentum Untuk Berhijrah Menjadi Pemuda Islam yang Beraklakul Karimah dan Berguna Bagi Agama”.

Dalam sambutannya Kepala MAN 22 Jakarta Barat Dra. H. Ida Susilawati, M.M menyampaikan bahwa salah satu makna yang yang terkandung pada peringatan 1 Muharam adalah semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa opimisme yang tinggi. “Semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik, dan hijrah dari hal-hal yang baik ke yang lebih baik lagi,” tutur Ida.

Beliau berharap kegiatan peringatan tahun baru islam menjadi awal memulai dan meningkatkan kembali semangat berhijrah menjadi lebih baik dalam menanamkan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan keseharian.

Hadir memberikan tausiah dalam kegiatan tersebut, Ustadz Ahmad Noval, S.Ag.  Ustadz Ahmad Noval, dalam tausiahnya menyampaikan bahwa peringatan 1 Muharam ini merupakan ajang untuk perbaikan/muhasabah diri sendiri.

“Instrospeksi terhadap hal-hal yang sudah dilakukan sebelumnya sebagai upaya untuk melakukan lebih banyak kebaikan pada tahun berikutnya,” kata Ahmad Noval. Beliau juga memengingatkan kita agar selalu bersyukur atas nikmat yang telah kita peroleh, karena umur manusia tidak ada yang tahu kapan ALLAH SWT akan memanggil kita.

“Oleh sebab itu kapanpun kita harus siap jika dipanggil dan hanya amal ibadah kita yang menjadi bekal kita di akhirat kelak,” pungkasnya.

Acara Peringatan 1 Muharam ini dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar. Acara dimulai dengan melakukan kegiatan salat Ashar berjamaah dilanjutkan dengan pembacaan Sholawat, pembacaan Doa Awal Tahun, Sambutan Kepala MAN 22 Jakarta Barat, Tausiah, Salat Maghrib berjamaah, dan Pembacaan Doa Akhir Tahun. (PI / ilm / ilm)

 

 

  • Tags:  

Terkait