Berita

Bersama XL Axiata, Kembangkan Soft Skills “Digitalisasi Belajar” Siswa MAN 16 Jakarta

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Sebanyak 40 peserta didik MAN 16 Jakarta ikuti program soft skills training yang diselenggarakan oleh XL Axiata bertempat di ruang laboratorium komputer dengan topik pembahasan Digitalisasi Belajar. Kamis ( 11/04).

Ketrampilan Abad 21 merupakan serangkaian soft skills yang diperlukan generasi muda untuk belajar, berkarya sesuai dengan chalenge di zaman sekararang, “Ternyata kemampuan ini bisa dilatih dan dikembangkan sejak kita kecil sampai terus menua, dan memang harus dikembangkan dan terus diasah. Caranya antara lain dengan ikutan kegiatan positif ataupun kepanitiaan," ujar adhitya mengawali kegiatan training ini.

“Dalam dunia digital bisa kita lihat bahwa generasi muda adalah mereka yang paling cepat update. Apa saja mereka bisa dapatkan dan lakukan dengan mudah dengan memanfaatkan perangkat digital yang mereka punya seperti gadget, computer dengan fasilitas dan layanan internet yang saat ini sangat murah dan sudah bisa menjangkau seluruh bagian di Indonesia, hampir semuanya,” lanjutnya.

Menurut salah satu peserta, Elya Siswa kelas 11 IPA proses belajar mengajar di sekolah bisa memanfaatkan digital dan internet dengan cara pengiriman tugas tidak perlu menggunakan kertas tetapi langsung menggunakan alamat email pribadi ke alamat email guru mata pelajaran.

“Untuk pengerjaan nya, semisal membuat presentasi kita bisa bersama-sama melanjutkan membuatnya dirumah masing-masing, karena pengerjaannya berbasis online, dan sangat mudah dipahami”, jelasnya.

Pada dasarnya, Betharia menjelaskan bahwa hal seperti ini jika digunakan dengan baik akan memberikan banyak manfaat namun yang sering terjadi adalah seseorang sampai kecanduan dengan perangkat digital sehingga hidupnya saat ini hanya terpusat pada gadget semata.

"Dan kemajuan digital seperti ini malah bisa membunuh generasi muda karena tidak lagi tertarik dengan interaksi social dan hanya fokus dengan gadgetnya saja, Pesan Betharia yang juga merupakan pembicara kedua pada training ini.

Terkait