Berita

Bangun Tata Kelola UPZ Baznas Sebagai Kekuatan Ekonomi Umat

Jumat, 28 September 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Bogor (Inmas) --- Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab hadiri Konsinyering Penyusunan Program Pemberdayaan Zakat, yang digagas oleh Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf.

Kegiatan ini mengusung tema kita bangun tata kelola UPZ Baznas sebagai kekutan ekonomi umat.

Dalam sambutannya, Saiful menyampaikan beberapa yang menjadi perhatian bersama. Pertama, optimalkan pengumpulan zakat.

“ Ini perlu kerjasama yg baik dari masing-masing satker, baik di lingkungan Kanwil Kemenag DKI Jakarta,Kemenag Kota, Madrasah dengan Kepegawaian,” ujarnya.

“ Melalui bidang Penais sebagai Ketua UPZ dilingkungan Kanwil Kemenag DKI, agar mendorong potensi ASN dalam berzakat. Jika dimaksimalkan maka target akan tercapai,” tambahnya.

Kedua, perlunya evaluasi terkait surat edaran tentang kewajiban zakat. “ Perlu pemahaman bersama dan sosialisasi tentang bagaimana kita bisa memungut 2,5 persen  dari seluruh ASN yang ada di lingkungan Kanwil Kemenag DKI Jakarta,” terangnya.

Ketiga, adanya Baznas tingkat daerah. Saiful menyarankan agar dibentuk tim kecil, agar UPZ Kanwil Kemenag DKI Jakarta masuk dalam Baznas. Karena kewajiban zakat mempunyai satu kekuatan untuk dirinya, tetapi juga kepada sesame.

“ Mari kita dorong bersama - sama, agar zakat di daerah dan kota terus berkembang, karena ini adalah sebuah kekuatan ekonomi,” harapnya. /s.regar

Terkait