Berita

Balai Diklat Keagamaan Adakan Pelatihan Terkait Nasionalisme

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Pulau Tidung (Humas Kemenag Kepulauan Seribu) --- Balai Diklat Keagamaan (BDK) Jakarta mengadakan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) tentang Nasionalisme Berbasis Nilai-nilai Agama Angkatan I di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu di ruang MTsN 26 Pulau Tidung. Senin, (31/01/2022).

Dalam sambutannya Saifudin menjelaskan tentang Kebijakan Pemerintah dalam pembangunan pada Bidang Agama dan Program prioritas Kemenag di Tahun 2022. “Ada Tujuh Program Prioritas Kemenag pada tahun ini yaitu: "Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Cyber Islamic University (Perguruan Tinggi Keagamaan), Kemandirian Pesantren, Religiosity Index dan Pencanangan Tahun Toleransi 2022,” ujar Kasubbag TU.

Lebih lanjut Saifudin menyampaikan bahwa untuk mewujudkan program tersebut, ASN Kemenag perlu meningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama dan pengukuhan suasana kerukunan hidup umat beragama yang harmonis.

“Sehingga diharapkan seluruh ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu bisa memahami apa arti nasionalisme, serta memberikan kontribusi terhadap nilai-nilai nasionalisme dan agama demi tercipta perdamaian untuk NKRI,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Kasubbag mengucapkan terima kasih kepada BDK Jakarta yang telah mengadakan kegiatan ini. Sehingga ASN di Kankemenag Kab Kepulauan Seribu dapat meningkatkan pengetahuan keahlian dan keterampilan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya.

“ASN Kankemenag diharapkan mampu memahami, menjiwai dan mempraktekan moderasi beragama dan nasionalisme sehingga terhindar dari perilaku ekstrim atau berlebihan,” ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari, mulai 31 Januari - 05 Februari 2022. Dan diikuti sebanyak 30 peserta dari pendidik, penyuluh dan pelaksana pada KanKemenag Kabupaten Kepulauan Seribu.

Terkait