Berita

500 Pengurus ROHIS Se-DKI Jakarta Siap Sebarkan Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Senin, 27 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- 500 pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-DKI Jakarta berkomitmen untuk sebarkan Islam yang penuh kedamaian, Islam Rahmatan Lil 'Alamin. Hal ini terungkap saat dilaksanakan kegiatan Sarasehan Rahmatan Lil 'Alamin, Minggu (19/11). 

 

Sarasehan Islam Rahmatan Lil 'Alamin merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta. "Dalam kegiatan ini kami mengumpulkan 500 pelajar yang merupakan pengurus dan anggota Rohani Islam (Rohis) dari seluruh SMU dan SMK yang ada di DKI Jakarta," ujar Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Sadirin saat ditemui usai membuka kegiatan tersebut. 

 

Setelah kegiatan ini dilaksanakan, 500 pelajar ini diharapkan dapat menjadi corong untuk mensosialisasikan tentang islam rahmatan lil 'alamin. "Usai kegiatan ini, kami harap ananda sekalian dapat mendiseminasikan apa yang diperoleh dari kegiatan hari ini di lingkungan sekolah masing-masing," ujar Kepala Bidang PAKIS Moh. Komarudin dalam sambutannya.  

 

Hal ini menurut Komarudin sejalan dengan grand design yang telah dirancang oleh Bidang Pakis Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. Menurut Kabid PAKIS, para pengurus  Rohis biasanya merupakan leader (pemimpin) yang cukup disegani di lingkungan sekolahnya. Oleh karena itu, pemberian wawasan bahwa Islam adalah agama yang cinta damai pasti akan diteruskan oleh para pengurus rohis tersebut kepada seluruh siswa lainnya. Penting memberikan wawasan tentang islam rahmatan lil 'alamin bagi pelajar di DKI Jakarta, mengingat Jakarta merupakan kota yang menjadi tempat pertemuan seluruh budaya maupun agama. 

 

Kegiatan sarasehan islam rahmatan lil'alamin ini juga mendapat apresiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia. "Saya atas nama BNPT menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kanwil Kemenag DKI Jakarta yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan semacam ini," ujar Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat Hj. Andi Intang Dulung yang hadir sebagai narasumber. 

 

Menurut Andi, kegiatan tersebut bermanfaat karena memberikan wawasan kepada masyarakat khususnya para pelajar sehingga dapat meningkatkan toleransi yang mereka miliki. "Saya berharap, setelah kegiatan ini, terdapat program lanjutan yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag DKI Jakarta bersama dengan adik-adik Rohis se-DKI Jakarta," tambah Intan. 


Harapan yang sama juga disampaikan oleh Fery, seorang motivator yang juga alumni pengurus Rohis SMU 97 Jakarta. "Saya berharap, kedepannya Kanwil Kemenag DKI Jakarta dapat memberikan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan remaja pada umumnya, dan khususnya bagi adik-adik pengurus Rohis," ujar Fery yang ditemui usai memberikan materi kepada 500 pengurus Rohis se-DKI Jakarta tersebut.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan Sarasehan Islam Rahmatan Lil 'Alamin, Hariri, pada tahun 2018 yang akan datang Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta akan menfasilitasi pengurus Organisasi Rohis dalam upaya pengembangan diri. Salah satunya, akan dilaksanakan jambore pengurus Rohis se-DKI Jakarta. /ilm/fh 

  • Tags:  

Terkait