Berita

ANBK 2024 Potret Kualitas Madrasah

Selasa, 20 Agustus 2024
blog

Jakarta (Humas MAN 5 Jakarta) -- Sebanyak 45 siswa MAN 5 Jakarta mengikuti Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2024. ANBK dilaksanakan di Laboratorium Komputer pada Selasa(20/8/2024).


ANBK bertujuan untuk menilai mutu pendidikan setiap sekolah di seluruh Indonesia. Peserta ANBK berasal dari jenjang kelas XI dan dipilih secara random/acak oleh sistem pada laman BioAN.


Tahun ini kali keempat MAN 5 Jakarta melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Hasil ANBK menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas MAN 5 Jakarta. 

 

Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jakarta Cecep Khairul Anwar bersama Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) didampingi Kepala MAN 5 Jakarta Utara Ade Kurnia melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terkait pelaksanaan ANBK.


"Yang diujikan pada ANBK diantaranya adalah Asesmen Kompetensi Minimum yaitu Literasi dan Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Ketiganya menjadi potret sebuah institusi bagaimana kita menyediakan layanan pendidikan bagi masyarakat, bagaimana institusi menjadi wadah yang nyaman jauh dari bullying dan menanamkan kepercayaan masyarakat agar meminimalisir ada aduan (dumas)," ujar Ka.Kanwil.



"Alhamdulillah pelaksanaan ANBK tertib dan lancar, semoga mendapatkan potret kualitas madrasah yang lebih baik sehingga menjadi lembaga pilihan di wilayah Jakarta Utara." pungkasnya.

  • Tags:  

Terkait