Berita

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional di MIN 2 Johar Baru Jakarta Pusat

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] --- Kepala MIN 2 Jakarta Pusat, Faozi memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Guru Nasional, Senin (26/11). Tampak selepas upacara, para murid dan guru menyaksikan pemberian penghargaan guru dan tenaga kependidikan berprestasi.  

 

Hari Guru Nasional jatuh pada hari Minggu tanggal 25 November 2018. Momentum ini bermula dari perjuangan para guru di Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) Tahun 1912. Saat itu, guru yang bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua semangat mengajar untuk mengantarkan pada kemerdekaan Indonesia.

 

Pasca kemerdekaan, pada kongres guru di Solo tanggal 25 November 1945, terbentuk organisasi Serikat Guru Republik Indonesia yang kemudian hari berubah nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Tanggal 25 November kemudian ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

 

Hari Guru Nasional didedikasikan untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru. Hal ini tampak pada lirik lagu Hymne Guru yang diciptakan Sartono dan dinyanyikan setiap upacara peringatan Hari Guru Nasional. Lirik-lirik itu diantaranya,“Engkau bagai pelita dalam kegelapan, engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan”.

 

Dalam sambutan Mendikbud yang dibacakan Faozi diungkap tiga ciri guru profesional, yakni guru yang memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik, dan mampu membangun kesejawatan, serta mampu merawat jiwa sosialnya.

 

Akhirnya, marilah kita jadikan Hari Guru Nasional sebagai semangat untuk membangun peradaban bangsa hingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu, dan berkarakter, serta mampu bersaing dalam pergaulan global. Bangsa ini menitipkan amanah kepada Bapak dan Ibu Guru untuk memelihara, mengembangkan jati diri, dan membentuk karakter generasi penerus bangsa.  /j15

Terkait