Berita

UNNES Gelar Olimpiade Matematika di MAN 4 Jakarta

Kamis, 17 Oktober 2024
blog

Jakarta (Humas MAN 4 Jakarta) - Universitas Negeri Semarang (UNNES) menggelar perlombaan Matematika tingkat nasional bertajuk Forum Ilmu Matematika Nasional (FIMNAS) dengan tema “Together With Mathematics: Conquer The World With Extraordinary Steps In The Era Of Society 5.0”. MAN 4 Jakarta ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Fimnas untuk wilayah Jakarta, pada Minggu (13/10/2024).

 

Fimnas digelar dengan bantuan Organisasi Santri Asrama (OSA) sebagai panitia dari pihak Madrasah. Olimpiade yang diselenggarakan menyasar peserta dari dari tiga level pendidikan yakni Mathematics Competition for Elementary School (MCES) untuk Sekolah Dasar, Mathematics Competition for Junior High School (MCJHS) untuk Sekolah Menengah Pertama, dan Mathematics Competition for Senior High School (MCSHS) untuk Sekolah Menengah Atas.

 

Olimpiade Matematika yang berlangsung pada 13 Oktober ini merupakan tahap pertama yang diikuti oleh para peserta. Selanjutnya, 50 peserta terbaik yang lolos akan mengikuti tahapan selanjutnya secara langsung di Universitas Negeri Semarang hingga babak final yang akan diselenggarakan pada Jumat, 03 November 2024.

 

Panitia perlombaan di MAN 4 Jakarta terdiri dari 1 panitia pengarah dari UNNES dan 9 panitia dari MAN 4 Jakarta yang diwakili oleh Organisasi Santri Asrama (OSA). OSA, sebagai panitia perwakilan wilayah, berperan aktif dalam memastikan kelancaran pelaksanaan Olimpiade FIMNAS ini. Sembilan panitia dari OSA ini telah mengikuti arahan teknis pada hari Sabtu agar acara berjalan maksimal, mulai dari persiapan hingga proses pembersihan ruangan. Pada hari pelaksanaan, tugas dibagi menjadi tiga kelompok: tiga orang menjadi penanggung jawab ruangan, tiga orang menjaga area registrasi, dan tiga orang lainnya bertugas sebagai penunjuk arah.

 

Acara dimulai dengan pembukaan registrasi pada pukul 07.00 dan dilanjutkan dengan sesi pengerjaan soal selama 90 menit, mulai pukul 09.00 hingga 10.30, menggunakan tiga ruangan kelas di gedung C MAN 4 Jakarta. Setiap ruangan berkapasitas 30 peserta, dengan susunan tempat duduk 6 x 5 di setiap ruangannya.

 

Salah satu peserta menyampaikan rasa senangnya dapat berpartisipasi dalam olimpiade ini. “Saya tidak perlu jauh-jauh ke Semarang untuk mengikuti lomba ini Unnes ini meski saya berharap bisa masuk final dan bisa mengujungi Unnes secara langsung,” ucapnya.

 

Setelah acara selesai, setiap peserta menerima sertifikat keikutsertaan yang dibagikan oleh panitia sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka dalam olimpiade matematika kali ini. Para peserta selanjutnya akan menunggu pengumuman 50 peserta terbaik dari setiap tingkat, yang akan diumumkan oleh panitia pada Rabu, 24 Oktober 2024, pukul 13.00 siang, melalui situs web resmi www.fimunnes.com.

 

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor