Berita

UNJUK KREASI MELALUI PENTAS LITERASI

Sabtu, 14 September 2024
blog

Jakarta (Humas MTs Negeri 17 Jakarta) – MTs Negeri 17 Jakarta menggelar pentas literasi di halaman Madrasah. Pentas literasi ini merupakan muara dari rangkaian kegiatan literasi yang rutin dilaksanakan pada Rabu disetiap minggunya dengan tujuan untuk merefleksikan hasil penguatan program literasi di Madrasah sekaligus sebagai bentuk apresiasi dengan menampilkan karya siswa.

Pentas literasi dikemas dengan berbagai penampilan di antaranya untuk kelas 9 menyadur buku fiksi menjadi drama. Untuk kelas 8 membuat teks resensi dari buku fiksi kemudian dipresentasikan sedangkan untuk kelas 7 membuat resensi dari buku fiksi dan juga dipresentasikan.

Mengusung tema “Dengan Literasi Kita Wujudkan Apresiasi, Kreasi dan Kolaborasi” Ida Wahidah selaku Koordinator literasi mengatakan "melalui kegiatan literasi ini dapat mewujudkan apresiasi peserta didik terhadap sebuah karya sastra dan juga menumbuhkan kreasi serta kolaborasi pada diri peserta didik."

Selain itu kegiatan literasi rutin dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca.

“Lewat pentas literasi ini, kita coba mewujudkan apresiasi peserta didik terhadap sebuah karya sastra dan menumbuhkan kreasi pada diri peserta didik. Ini juga menjadi motivasi untuk meningkatkan minat baca sedari dini,” tambahnya

Sejalan dengan itu, Kepala MTsN 17 Jakarta Nur Azijah mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini cukup strategis sebagai upaya menjadikan kegiatan literasi sebagai ajang bagi siswa untuk menuangkan gagasan dan unjuk karya. Sebab, lewat literasi transfer ilmu dan pengetahuan bisa berjalan dengan baik.” Ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan literasi diharapkan dapat membangun kesadaran peserta didik akan pentingnya membaca untuk mendukung pembelajaran yang efektif, menumbuhkan kemampuan berprikir kritis siswa, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan mengembangkan kreatifitas peserta didik. (s/e)

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor