Berita

Tiga Program Prioritas Nasional RPJMN IV 2020-2024 Jadi Point Penting Kementerian Agama

Jumat, 13 Maret 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Bekasi (Inmas) - Tiga dari tujuh Program Prioritas Nasional RPJMN IV 2020-2024 menjadi point penting dalam Kementerian Agama.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Perencanaan, Ali Rokhmad mewakili Plt. Sekretaris Jenderal Kemenag saat memberikan materi dalam Rapat Kerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Jumat (13/03).

"Indonesia Berpenghasilan Menengah-Tinggi yang Sejahtera, Adil, dan Berkesinambungan", merupakan tema yang diusung dalam RPJMN IV 2020-2024.

Ada tiga program prioritas nasional RPJMN IV 2020-2024 yang menjadi point penting pada Kementerian Agama diantaranya,

Baca Juga : https://dki.kemenag.go.id/berita/buka-raker-kanwil-kemenag-dki-menag-tidak-ingin-birokrasi-berbelit

Pertama, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing, "Peningkatan kualitas, perempuan, anak, dan pemuda. Peningkatan produktivitas dan daya saing. Peningkatan pemerataan layanan pendidikan berkualiatas. Pengentasan kemiskinan. Pengendalian pertumbuhan penduduk dan penguatan tata kelola kependudukan. Penguatan perlindungan sosial. Peningkatan akses dan mutu pelayanan pendidikan," ujar Ali terkait arah kebijakan dan strategi dalam meningkatkan SDM yang berkualitas.

Kedua, reformasi mental dan pembangunan kebudayaan. Dalam hal ini, terdapat lima strategi dalam memperkuat moderasi beragama, "Penguatan cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang moderat. Penguatan harmoni dan kerukunan umat beragama. Penyelarasan relasi agama dan budaya. Peningkatan kualitas ppelayanan kehidupan beragama, serta Pengembangan ekonomi dan sumber daya keagamaan," tuturnya.

Dan program prioritas ketiga adalah memperkuat stabilitas polhuhankam  dan transformasi pelayanan publik.

Dari program prioritas tersebut terdapat pengarusutamaan, diantaranya kesetaraan gender, pembangunan berkelanjutan, tata kelola, modal sosial budaya dan pembangunan transformasi digital. 

Terkait