Berita

Tiga Generasi Bangsa, MAN 2 Jakarta Peringati Hari Bulan Bahasa

Jumat, 11 Oktober 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 2 Jakarta) – Madrasah Aliyah Negeri 2 Jakarta adakan peringatan Bulan Bahasa. Kegiatan ini bertajuk TRIGESA (Tiga Generasi Bangsa) dan mengusung tema, ‘Bahasa Jiwa Bangsa’.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diawali dengan berbagai kegiatan lomba, mulai dari lomba kebahasaan dan kesastraan, seperti lomba musikalisasi puisi, mendongeng, rangking satu, pidato, short movie dan menyanyikan lagu daerah.

Kepala MAN 2 Jakarta Wido Prayoga mengapresiasi setinggi-tingginya atas upaya keras peserta didik program Bahasa dalam mewujudkan kegiatan ini, “Dengan diadakan kegiatan ini, generasi millennial bisa ingat bahwa ada momen penting di bulan oktober, yakni kelahiran Bahasa Kebangsaan yaitu Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Tak hanya lomba kebahasaan dan kesastraan saja yang memeriahkan kegiatan ini, lomba film pendek pun diadakan dalam kegiatan ini.

Latifah Tunain selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menumbuhkan budaya literasi dilingkungan sekolah.

Hadir sebagai narasumber, Gol A Gong, dalam materinya beliau memberikan motivasi kepada peserta didik MAN 2 Jakarta, “Teruslah memperjuangkan cita-cita kalian dan jangan lupa memohon doa restu dari orang tua, karena itulah kunci keberhasilan hidup,” ujar Gol A Gong yang mimiliki nama asli Heri Hendrayana.

Salah seorang peserta didik yang juga sebagai anggota jurnalistik MAN 2 Jakarta mengaku merasa terharu dan bangga akan kisah hidup Gol A Gong, “Saya sampai menitikkan air mata saat pak Gol A Gong menceritakan kisah hidupnya semasa kecil. Dan ini sangat memotivasi saya untuk tidak menyerah dalam kondisi apapun,” ujar Nisa Nurramadhani.

Kelompok Teater Galaktika MAN 2 Jakarta itu turut memeriahkan kegiatan ini dengan menampilkan drama “Menguning Menghijau”.// Yuyum Daryumi

Terkait