Berita

Terbaik Ketiga, MAN 9 Jakarta Terus Lakukan Inovasi Layanan Digital

Sabtu, 7 Januari 2023
blog

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta meraih predikat terbaik 3 pada perhelatan Jakarta Madrasah Digital Awards. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Ke 77 Kementerian Agama.

Menurut Rifqiati, visitasi penilaian Jakarta Madrasah Digital ini dilaksanakan dipenghujung tahun 2022 dengan beberapa unsur yang akan dinilai, seperti layanan digital.

“Website, Presensi Siswa, E-Learning Madrasah, CBT, Raport Digital Madrasah (RDM), Pilketos (Pemilihan Ketua OSIS), PPDB Mandiri, Perpustakaan Madrasah, PTSP Madrasah, dan Aduan Masyarakat,” ujar Kepala MAN 9 Jakarta.

“Unsur penilaian lainnya yaitu kelengkapan dalam aplikasi IDN yang berisi data siswa dan GTK, layanan perpustakaan digital, dan medsos,” tambahnya.

Lanjutnya, perpustakaan digital yang menjadi poin penilaian, MAN 9 Jakarta telah menginput sebanyak 250 judul buku kedalam aplikasi perpustakaan. Dan point selanjutnya terkait media sosial yang melaksanakan tugas untuk berkoordinasi dalam menyiapkan presentasi media sosial.

“Perpustakaan Darul Ilmi telah menginput sebanyak 250 judul buku pada aplikasi perpustakaan,” ujarnya.

Sedangkan, Catur Yoga Meiningdias selaku Guru TIK sekaligus perancang digitalisasi di MAN 9 Jakarta menyampaikan, bahwa MAN 9 memulai fokus di Madrasah Digital sejak tahun 2007 dan tahun 2008. Dan akhirnya, MAN 9 mendapatkan Elearning Award juara III Nasional dari Pustekkom Jardiknas dan Tahun 2009 Google Workspace for Education mulai diterapkan di MAN 9.

“Tahun demi tahun, tahap demi tahap, MAN 9 terus berupaya mengembangkan digitalisasi di semua bidang, sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya sederhana, untuk mempermudah pekerjaan dan dapat dijangkau luas oleh keluarga besar MAN 9, juga mengurangi sampah, khususnya kertas,” ungkapnya.

Terkait penggunaan website dan media sosial, Waka humas mengungkapkan tahun 2023 ini tim humas mempunyai resolusi untuk kembali aktif pada lini media sosial dan mengupload berita terkini yang berkaitan dengan MAN 9 Jakarta.

“Jum’at lalu (6/1) Tim Humas telah mengadakan rapat kerja terkait pengelolaan kehumasan. Dengan adanya penghargaan dan evaluasi dari perhelatan JMDA 2022, kami berusaha menata tim dan mengambil momentum ini untuk lebih merapikan kinerja dan berkarya demi MAN 9,” tutur Tinia, Wakahumas MAN 9. /Alf&TLSA

 

Terkait