Berita

Suami Agar mampu Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warohmah

Jumat, 27 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kursus Calon Pengantin Kecamatan Johar Baru yang diikuti sepuluh pasang calon pengantin, dilaksanakan di Balai Nikah KUA Kecamatan Johar Baru. Hadir menjadi narasumber adalah Penghulu Subadri Tamam dan Penyuluh Agama Islam DR. Saifullah serta tim kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Johar Baru.

 

Dalam arahannya pada hari Senin (23/04) itu, DR. Saifullah menjelaskan para catin agar mampu mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warohmah. “Sakinah berarti damai, tenang, tentram,” jelasnya. Dijelaskan dalam Qs Ar Rum ayat 21: “Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya”.

 

Makna sakinah dalam pernikahan tersebut dapat diartikan bahwa sebagai seorang laki-laki harus mampu membuat pasangannya merasa tentram menjalani kehidupan rumah tangga. Selain memberikan nafkah bil ma’ruf (secukupnya) juga mau membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci baju, memasak dan lain-lain.

 

Membantu pekerjaan istri merupakan salah satu wujud dari perhatian. “Perempuan itu senangnya diperhatikan,” jelasnya. Maka berikan perhatian nan romantis kepada istri sebelum dan sepulang kerja. Salah satunya dengan membantu mencuci piring sehabis sarapan sementara istri merapihkan meja, peralatan masak dan dapur yang digunakan sarapan. Sepulang kerja mau memncuci pakaiannya sendiri yang dikenakan sementara istri mempersipakan pakaian yang akan dipakai esok hari.   /j15

  • Tags:  

Terkait