Berita

Skrining terhadap Siswa MAN 14 Jakarta sebagai Upaya Deteksi Dini Masalah Kesehatan

Kamis, 17 Oktober 2024
blog

Skrining MAN 14 Jakarta

Jakarta (Humas MAN 14 Jakarta) – Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta melaksanakan kegiatan skrining kesehatan yang sudah dijadwalkan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pasar Rebo yang merupakan bagian dari Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur. Kegiatan yang diikuti dengan antusias oleh siswa kelas X dan XI ini bertempat di Aula Kampus A pada 16-17 Oktober 2024.

Screening kesehatan merupakan pemeriksaan mengetahui kondisi tubuh, membantu mengetahui gejala-gejala tertentu dari masalah kesehatan yang dialami oleh pasien. Melakukan skrining kesehatan sangat penting untuk mencegah beberapa penyakit yang beresiko. Pemeriksaan kesehatan membantu untuk mengetahui apakah kita menderita penyakit atau kondisi medis tertentu. Hal ini penting karena tidak semua penyakit menunjukkan gejala, dan kondisi yang ditemukan dengan skrining kesehatan dapat ditangani lebih awal.

Pelaksanaan skrining kesehatan pada anak usia sekolah adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik. Adapun proses rangkaian skrining di MAN 14 Jakarta meliputi pemeriksaan kebersihan diri, status gizi, tanda vital (suhu, tekanan darah, pernapasan, denyut nadi, jantung dan paru), kesehatan penglihatan, kesehatan pendengaran, kesehatan gigi dan mulut, gaya hidup, kebugaran jasmani, kesehatan mental, dan pemeriksaan Hb bagi siswa putri kelas X dilakukan dengan mengukur kadar hemoglobin dalam darah. Tujuan dari pemeriksaan ini sebagai deteksi adanya anemia pada remaja putri.

Nuryanah pembina ekstrakurikuler PMR/UKS mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik tentang cara hidup bersih dan sehat yang dimulai dari lingkungan sekolah dan dapat di terapkan dimana pun mereka berada./stw

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor