Berita

SISWA MADRASAH PUN MAMPU MENGUASAI TEKNOLOGI SELAIN ILMU AGAMA

Jumat, 24 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

[inhumJP] – Do’a segenap ASN Kankemenag Kota Jakarta Pusat mengiringi siswa MTs Jakarta Pusat yang sedang mempresentasikan RoboGreen dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2017 di ICE BSD City, Kamis (23/11). Selain MTs Jakarta Pusat, MAN 3 juga berkesempatan mengikuti ajang yang diselenggarakan Direktorat KSKK Madrasah pada 22-23 November 2017.

 

Ade Tajudin, S.Pd selaku Kepala MTs Jakarta Pusat berharap agar siswa yang mengikuti ajang itu bisa mampu mempresentasikan karyanya dengan baik dihadapan para juri dan hadirin serta berhasil meraih juara. “Mohon dengan penuh hormat dukungan do’a Bapak Ibu agar siswa kami bisa berhasil juara,” pintanya.  

 

MTs Jakarta Pusat berhasil masuk 13 besar MTs se-Indonesia kategori rancang bangun mekanika atau discovery robot. Di ajang ini, ditampilkan RoboGreen yakni robot yang dirancang khusus untuk membantu pekerjaan manusia di pekarangan rumah maupun di taman. RoboGreen dapat digunakan untuk memotong rumput, menyiram tanaman, memindahkan pot dan sebagainya.   

 

Cara kerja RoboGreen dengan menggunakan smartphone berbasis adroid yang telah di instal aplikasi NXT. Aplikasi NXT merupakan aplikasi remote control yang bisa diunduh dari Google Playstore tanpa biaya. Setelah RoboGreen dihidupkan, kemudian dengan fitur Bluetooth kedua perangkat itu dapat terkoneksi.

 

“Kompetisi Robotik Madrasah bertujuan untuk menunjukkan bahwa siswa madrasah juga menguasai teknologi,” ujar Direktur KSKK (Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah) Ahmad Umar.

 

Ajang yang telah digelar ketiga kalinya bersamaan dengan kegiatan IIEE (International Islamic Education Expo) 2017 oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, selain MTs Jakarta Pusat yang mewakili DKI Jakarta dalam ajang Kompetisi Robotik Madrasah, juga MTsN 4 Jakarta Selatan dan MTsN 7 Jakarta Timur. Semoga perwakilan madrasah di DKI Jakarta ada yang berhasil meraih prestasi tingkat nasional.  [j15]

  • Tags:  

Terkait