Berita

Sidang Isbat, Pemerintah tetapkan Awal Puasa 1 Ramadhan 6 Mei 2019

Ahad, 5 Mei 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan hasil sidang isbat menentukan awal puasa 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. 

Sidang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019) sekitar pukul 18.50 WIB seusai salat magrib.

"Sidang Isbat secara mufakat bersepakat untuk menetapkan bahwa 1 Ramadhan tahun 1440 Hijriah jatuh pada esok hari, hari Senin tanggal 6 Mei 2019," ujar Menag Lukman saat melakukan konferensi pers.

Mewakili pemerintah, Lukman menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Sebelumnya dilakukan pemaparan posisi hilal dari 34 provinsi oleh Anggota Tim Hisab dan Rukyat Cecep Nurwendaya. Lukman menyaksikan paparan posisi hilal dari laporan tim pemantau di 102 titik Rukyatul Hilal dari 34 provinsi di Indonesia. Sedangkan Metode yang digunakan pemerintah adalah rukyat.

Seperti diketahui, Sidang Isbat ditujukan guna mendengar konfirmasi dari hasil rukyat.

Sidang Isbat digelar secara tertutup dan dihadiri sejumlah tokoh di antaranya dari PBNU, PP Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar.

Hadir pula Duta Besar negara-negara sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

  • Tags:  

Terkait