Berita

Riset Kulit Pisang, MAN 4 Jakarta Raih Medali Emas Riset Internasional

Selasa, 3 September 2024
blog

Medali emas diraih tim riset MAN 4 Jakarta di ajang kompetisi Riset International Science Project Competition 2024 di Malang, Jawa Timur, 27-29 Agustus 2024. Tim diketuai Khansa Naira Baidillah, Almaravel Nathan Darsono dan Dhia Hiroyuki Prawira sebagai anggota tim. Adapun judul penelitian mereka adalah “Innovation of Dye Sensitized Solar Cell with Natural Material from Banana Peel Waste Carbon Nanomaterial as Counter Electrode”.

 

Latar belakang penelitian mereka bermula dari bagaimana cara pemanfaatan limbah kulit pisang sebagai produk yang bermanfaat. Di sisi lain, mereka juga ingin membuat sebuah sumber energi terbarukan yang memanfaatkan sinar matahari. Salah satunya adalah panel surya. 

 

Mereka menemukan bahwa komponen dari panel surya dibuat dari bahan yang mahal dan kelimpahannya terbatas. Sehingga mereka memiliki ide dengan memanfaatkan komponen yang murah dan ramah lingkungan yakni berbasis karbon. Sumber karbon yang digunakan dalam riset mereka adalah limbah kulit pisang. Selain itu, komponen lain yang mereka gunakan adalah pewarna dari kulit buah naga. 

 

Penelitian Khansa dan tim berlangsung selama 4 pekan dengan bimbingan Nugroho Wahyu Sumartono. Setelah dilakukan serangkaian pengujian, panel surya yang mereka buat berhasil menghasilkan energi listrik yang setara dengan berbagai penelitian serupa. Mereka bersyukur atas progres penelitian mereka dan berharap dapat dikembangkan kembali agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. 

 

Kompetisi International Science Project Competition (ISPC) 2024 merupakan event pameran riset internasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) berkerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 29 Agustus – 02 September 2024 di Malang, Jawa Timur. 

 

Event ini diikuti oleh 163 tim yang terdiri dari 137 tim yang ikut secara daring dan 26 tim secara luring terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA sederajat dan perguruan tinggi se Indonesia dan beberapa negara lain seperti Filipina, Vietnam, Thailand, UEA, Korea Selatan, Rumania, Kazakhstan, dan Belarus.

 

Untuk tim riset MAN 4 Jakarta sendiri pemanfaatan kulit pisang sebagai media inovasi dan sekaligus riset ini bukan yang pertama. Sebelumnya pada ajang AISEEF 2024, tim riset MAN 4 Jakarta juga mendapatkan medali emas dengan penelitian yang menggunakan bahan baku kulit pisang sebagai pendeteksi boraks pada makanan.

  • Tags:  

Terkait