Berita

Raudhatul Athfal Adalah Pondasi Awal Pendidikan Madrasah

Rabu, 26 Februari 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) – Raudhatul Athfal merupakan pondasi awal bagi peserta didik untuk mendapatkan bekal akhlak dan ilmu yang terbaik, sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab didampingi Kasubbag TU KanKemenag Jakarta Utara Mawardi dan Ketua PD IGRA Jakarta Utara Siti Nur Azizah pada saat membuka secara resmi kegiatan Bimtek Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah Tingkat Raudhatul Athfal, Rabu (26/02).

Raudhatul Athfal (RA) adalah pondasi awal pendidikan, “RA adalah pondasi awal pendidikan sebelum peserta didik melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, kurikulum pendidikan RA harus benar-benar dipahami oleh para pendidik di RA, agar anak didik menerima dan menyerap ilmunya dengan baik,” Ujar KaKanwil.

Dalam kesempatan ini, KaKanwil juga mengatakan bahwa perubahan global saat ini sangat cepat, hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi pengelola pendidikan termaksuk RA yang menjadi lembaga pendidikan dasar harus mampu menjawab tantangan global tersebut.

Sebelumnya, Siti Nur Azizah melaporkan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya guru RA, “Kepala madrasah harus memiliki lima kompetensi, yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervise dan social,” ujar Ketua PD IGRA Jakarta Utara.

“Dalam lingkup kompetensi manajerial, kepala madrasah harus memiliki visi, misi, dan strategi. Karena keberhasilan pendidikan di madrasah terletak pada kepemimpinan Kepala RA di samping dukungan dari guru, karyawan, para peserta didik, orang tua peserta didik dan juga masyarakat,” tutur KaKanwil.

Hal ini juga dapat dilakukan kepala  RA dalam kemampuannya melakukan fungsi-fungsi manajemen yang baik, yang meliputi planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuiting (pengarahan), dan controlling (pengawasan).

 

 

Terkait