Berita

Plt Ka Kanwil Kemenag Provinsi DKI Buka Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) Ke-3 Tingkat Nasional

Senin, 30 Oktober 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Sadirin, buka kegiatan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) Ke-3 Tingkat Nasional, Sabtu (28/10). Kegiatan yang digelar  di Pesantren Darunnajah, Jakarta ini merupakan ajang tahunan yang diperuntukkan bagi pesantren dari seluruh Indonesia.

 

“Saya mengapresiasi kegiatan MHQ ini. Karena dengan kegiatan ini dapat memeratakan kegiatan Tahfidzul quran di seluruh wilayah Indonesia,” kata Sadirin. Disamping itu, menurut Sadirin kegiatan ini juga dapat  menyemarakan dakwah islamiyah serta menjalin ikatan ukhuwah Islamiyah antar Pondok Pesantren se-Indonesia.

 

 Dikutip dari halaman website Pesantren Darunnajah, peserta yang berasal dari seluruh kota Indonesia berjumlah 426 penghafal Al -Quran. Santri-santri itu sudah diseleksi sebelumnya di 14 kota, meliputi: Medan, Kuningan, Tidore, Maros, Tenggarong, Martapura, Dumai, Palembang, DKI Jakarta, Magelang, Surabaya, Bondowoso, Sumbawa, dan Lombok.

 

 Pada kegiatan MHQ ini, diperlombakan 6 kategori  sebagai berikut :

 

  1. Kategori 1 Juz /Juz ‘Amma, diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari 40 peserta putra dan 40 peserta putri;
  2. Kategori 5 Juz, diikuti oleh 81 peserta yang terdiri dari 42 peserta putra dan 39 peserta putri;
  3. Kategori 10 Juz, diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari 40 peserta putra dan 40 peserta putri;
  4. Kategori 15 Juz, diikuti oleh 67 peserta yang terdiri dari 34 peserta putra dan 33 peserta putri;
  5. Kategori 20 Juz, diikuti oleh 62 peserta yang terdiri dari 34 peserta putra dan 28 peserta putri;
  6. Kategori 30 Juz, diikuti oleh 56 peserta yang terdiri dari 32 peserta putra dan 24 peserta putri.

 

Kegiatan MHQ ke-3 Tingkat Nasional ini merupakan tindak lanjut hasil seleksi di tingkat Provinsi se Indonesia yg dilaksanakan pada bulan Juli- Agustus. MHQ Ke-3 Tingkat Nasional ini terselenggara berkat kerjasama Pondok Pesantren Darunnajah dan Lembaga Pendidikan Al-Quran Al Kariim Doha Qatar. Para penghafal Quran tersebut berlomba selama tiga hari, sejak tanggal 28 – 30 Oktober 2017.

 

Para pemenang (terbaik) pertama pada tiap kategori, putra dan putri mendapatkan hadiah Ibadah Umroh. Sedangkan terbaik 2, 3, harapan 1, dan 2 mendapatkan dana pembinaan.

 

Pada akhir kata sambutanya Plt Kepala Kanwil DKI Jakarta berpesan agar para peserta mengikuti acara MHQ dengan baik. “Mudah-mudahan, semua menjadi yang terbaik dan Allah SWT akan memberi rahmat dan kemudahan bagi  para penghafal  AlQuran,” tutup Sadirin.  /ilm

 

  • Tags:  

Terkait