Berita

PERSEMBAHAN LAGU-LAGU OLEH MARCHING BAND MTs JAKARTA PUSAT

Senin, 13 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

[inhumJP] – Marching Band MTs Jakarta Pusat sukses menampilkan lagu perjuangan Indonesia Raya mengiringi kenaikan Bendera Merah Putih pada upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman Kankemenag Kota Jakarta Pusat, Jum’at (10/11). Di bawah binaan Bapak Ade Tajudin, S.Pd tim Marching Band sudah mengikuti berbagai lomba bersaing dengan sesama madrasah maupun sekolah umum.

 

Marching Band MTs Jakarta Pusat yang beralamat di Jl. Kalibaru Timur Kecamatan Senen ini selanjutnya mempersembahkan lagu-lagu perjuangan Bangsa Indonesia, diantaranya Garuda Pancasila dan Maju Tak Gentar. Apresiasi dengan tepuk tangan yang amat meriah diberikan peserta upacara setelah mereka menyelesaikan lagu-lagu  perjuangan itu.

 

Marching Band menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler MTs Jakarta Pusat, selain ada pula Aero Modeling, Fotografi, Gurindam, English Club dan sebagainya. “Tahun lalu sempat mengikuti International Marching Band Competition di Bogor, jelas Ade. Meskipun belum berhasil meraih trofi namun dapat memupuk kepercayaan diri para siswa untuk tampil lebih baik lagi.

 

Selesai upacara, Marching Band MTs Jakarta Pusat mempersembahkan beberapa lagu daerah dengan instrumen musik perkusi. Instrumen yang disebut Marching Percussion ini merupakan isntrumen musik perkusi yang didesain untuk dimainkan sambil berjalan dengan meletakkan drum pada alat pengait khusus (disebut carrier) yang dikenakan oleh drummer.

 

Marching Band adalah istilah dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sekelompok barisan orang yang memainkan beberapa lagu menggunakan sejumlah kombinasi alat musik diantaranya tiup, perkusi dan instrumen pit. Penampilan Marching Band juga merupakan kombinasi dari permainan musik dan aksi baris berbaris. Dengan dipimpin mayoret, barisan para pemain musik membentuk formasi dengan pola yang senantiasa berubah-ubah sesuai alur koreografi atas lagu yang dimainkan.  [j15]

  • Tags:  

Terkait