Berita

Perbanyaklah Dzikir dan Bersyukur Kepada Allah SWT Seperti Yang Diperintahkan

Rabu, 14 Maret 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – H. Murdimin memberikan tausiyah di Masjid Al Muttaqin setelah pelaksanaan sholat Dhuhur, Rabu (14/03). Tausiyah ini bertema perintah Allah SWT agar manusia memperbanyak dzikir dan bersyukur kepada-Nya.

 

“Dalam Qs Al Baqoroh ayat 152, manusia hanya diperintah ingat dan bersyukur,” ujar Kepala Seksi Pendipontren ini. Ayat ini bermakna ‘maka ingatlah kepada-Ku, niscaya Aku akan ingat kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar’.

 

Allah memerintahkan kepada hamba-nya untuk mengingat-Nya disegala kondisi, baik dalam keadaan susah, keadaan senang, keadaan berlebih ataupun kekurangan. Sebab bagi yang ingat kepada Allah akan dijanjikan baginya sebaik-baiknya balasan, yakni bahwa Allah akan mengingatnya pula di dunia dan di akhirat.

 

Demikian pula antara manusia dengan manusia untuk selalu saling bersilaturohim dan saling mengingatkan. “Bagaimana mau dibuatkan SK kalo tidak pernah berkunjung,” canda beliau yang disambut tawa hadirin.

 

Allah juga memerintahkan kepada hamba-Nya untuk mensyukuri nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Karena Allah memberikan nikmat sesuai dengan takarannya kemampuan hamba maka tingkatkanlah dengan bersyukur. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti aku menambahi (nikmat) kepadamu,” ujarnya mengutip Qs Ibrohim ayat 7. Nikmat tidak selalu dalam bentuk rupiah, bisa pula kesehatan, keamanan dan sebagainya. Nikmat dari Allah juga banyak yang melalui perantara mahluk, maka bagi yang bersyukur kepada mahluk menandakan ia bersyukur kepada Allah.

 

Sebaliknya, masih dalam ayat yang sama, Allah mengancam hamba-Nya yang enggan mau bersyukur. “Dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih,” tegasnya. Nikmat yang tidak disyukuri bukan hanya akan dicabut tetapi juga diganti dengan musibah di dunia ataupun siksa di akhirat.  /j15

  • Tags:  

Terkait